www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Propagandakan Silaturahmi dan Akhlakul Karimah

E-mail Cetak PDF
bersama anak yatim di masjid ar raudah semparukH Atbah Romin Suhaili Lc, Bupati Sambas, punya cara sendiri mempresentasikan program kerjanya biar merakyat. Satu diantaranya adalah bermalam di desa. Dikatakan dia, diawal-awal kepemimpinannya, pernah teridekan untuk mengunjungi desa-desa yang ada di kab sambas. Dengan catatan tidak hanya sebatas kunjungan kerja resmi atau formalitas seperti biasanya. Melainkan disebutkan Atbah, kunjungan yang lebih santai. Kunjungan dimaksud dikreasikan Bupati dengan bermalam di desa yang dituju.

Memang sedikit tidak lazim yang dilakukan Atbah Romin Suhaili. Seorang pemimpin, menyediakan waktu khusus untuk mengunjungi rakyatnya dengan bermalam di lokasi kunjungan. Aktifitas itu dikenal dengan bermalam di rumah warga atau kunjungan menginap di Desa. Karena tidak semestinya setiap desa yang Bupati kunjungi, dia bermalam di rumah warga. Masjid menjadi pilihan utama Atbah bermalam, ketika menggelar aktifitas itu.

“Pernah waktu kampanye dan awal-awal dilantik, saya utarakan untuk bermalam di desa,” ujar dia. Maksud dan tujuannya sebut dia agar saya bisa memahami apa yang menjadi keluhan warganya. Konsep awal lanjut dia adalah menginap di rumah warga yang tidak mampu. Hanya saja, menurut Bupati, ketika bermalam di rumah warga yang tidak mampu, khawatir malah merepotkan yang punya rumah.

“Dari dulu saya terbiasa menginap di masjid. Banyak nilai plusnya, minimal kita juga banyak berzikir, sholat malam,” tutur dia. Dalam dua bulan terakhir, Atbah telah menggelar kunjungan bermalam ke belasan desa. Terakhir dia melakukannya di Desa Semparuk Kecamatan Semparuk, Selasa Malam (28/11). Bupati didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha Pimpinan dan beberapa pendamping lainnya.

Atbah disambut Camat Semparuk, Jumli dan beberapa tokoh masyarakat semparuk di Masjid Ar Raudhah. “Di Semparuk ini adalah kunjungan ke-13 saya. Kita berdoa banyak nilai positif yang kita dapat baik dari segi pemerintahan dan masyarakatnya,” harap dia. Rangkaian dari kunjungan bermalam orang nomor satu kab sambas itu, tidak hanya agenda bermalam di desa. Tetapi ada beberapa agenda yang dilakukan Atbah.

Diantaranya silaturahmi dengan warga yang dominan digelar di Masjid dirangkai dengan sholat berjamaah. Silaturahmi itu banyak diisi dengan informasi pembangunan. Selain itu, dalam beberapa sambutannya, tersisip himbauan Bupati bagi masyarakat kab sambas. “Kunjungan saya ini saya niatkan sebagai silaturahmi ke rakyat saya. Insya Allah ini dihitung Allah Swt sebagai amalan ibadah,” tuturnya.

Agenda lainnya, Bupati menyampaikan santunan. Sasarannya adalah warga lansia dan anak yatim piatu. Jumlah penerima santunan bervariasi antar satu desa dengan lainnya. “Santunan tersebut sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah. Kita akui bentuk santunan dan banyaknya masih jauh dari yang kita inginkan, tetapi wajib tetap kita syukuri, Insya Allah kedepan semakin Allah Swt mudahkan untuk kita menambah alokasinya,” papar dia.

Agenda yang sering mewarnai agenda bermalam Bupati Sambas, selain silaturahmi dengan warga di Masjid, adalah silaturahmi dengan penghobi Bulutangkis. Dalam bekal perjalanan bermalamnya itu, terlihat Atbah selalu membekali dengan perlengkapan Olahraga Bulutangkis. “Kebetulan satu diantara hobi saya adalah Bulutangkis. Saya pikir penting untuk melakukan silaturahmi dengan pecinta Bulutangkis kabupaten sambas,” jelas dia.

Tausyah usai sholat subuh berjamaah, menjadi tambahan agenda rutin ketika menggelar bermalam di desa. Atbah yang nota bene lulusan Universitas Saudi Arabia dan Tahfiz Quran itu begitu fasih menyampaikan materi Tausyah. Dalam beberapa tausyahnya, dia mengajak Umat tidak hanya sekedar berkumpul, tetapi semakin mempererat ukhuwah persatuan. “Penting untuk kita memperkuat silaturahmi dan terus menerus menggaungkan pentingnya Akhlakul Karimah untuk keberkahan negeri kita,” ucapnya.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 51 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: