www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
00 kirim Spanduk Fitri1438H 10x5 FIX OK

Video Ucapan Idul Fitri 1438 H

Publikasi Keuangan Desa 550
Banner Pengumuman GGD

Cerdas Konsumsi Informasi, Perhatikan Kode Etik

E-mail Cetak PDF

foto bersama

Ada penegasan penting Bupati Sambas, pada acara Pembentukan forum masyarakat peduli informasi publik di kab sambas, kamis (8/12) aula dispenda kab sambas. H Atbah Romin Suhaili Lc menegaskan, masyarakat kab sambas harus cerdas mengkonsumsi informasi. Dia menegaskan, jangan sembarangan dalam menerima informasi yang beredar. Dikatakan dia, di zaman digitalisasi sekarang ini, arus informasi mengalir begitu derasnya.

"Harus perhatikan kode etik yang berlaku," tegas Bupati. Menurut H Atbah, kebutuhan akan informasi sudah menyasar semua lapisan masyarakat. Tidak terlepas sebut dia, masyarakat yang berada diperdesaan. Dia berharap, dengan wacana pembentukan forum peduli informasi publik, dan keberadaan komisi informasi publik, dapat mengakomodir hak-hak masyarakat terutama yang berada diperdesaan akan informasi yang berkualitas.

"Etika dan moral harus tetap menjadi landasan dalam kita memberikan informasi. Dengan informasi yang berkualitas, kita bisa membangun peradaban masyarakat sambas yang berkualitas pula," tutur dia. Hadirnya forum peduli informasi publik nantinya pinta Bupati, dapat menguatkan lagi keramah tamahan, sopan dan santun serta kualitas akhlakul karimah masyarakat kab sambas.

Momentum tersebut diingatkan Bupati agar para media dan masyarakat lebih cerdas dalam mencari informasi. Maksud dia, media dan masyarakat diajak merubah prilaku agar tidak mempublikasikan atau senang mengkonsumsi informasi yang terkait pribadi seseorang. Dicontohkan dia Ghibah yaitu menyebutkan sesuatu yang terdapat pada diri seorang, sedang ia tidak suka jika hal itu disebutkan.

"Jangan senang membicarakan atau membeberkan aib saudara-saudara kita, insya Allah, jika kita mau menutup aib saudara kita, Allah akan menutup aib kita juga," sebut dia. Hal tersebut diterangkan Bupati sudah diingatkan Rasulullah Saw, bahwa siapa yang senang membeberkan aib orang lain, sama seperti memakan daging bangkai saudaranya sendiri. "Forum peduli ini saya harapkan semakin mencerdaskan masyarakat kab sambas, memberikan kontribusi bagi kemajuan dan kebijakan publik di kab sambas," harap dia.

Pembentukan forum masyarakat peduli informasi publi, dihadiri Ketua DPRD Kab Sambas, Ir Arifidiar, dan Chatarina Pancer Istiyani, Ketua Komisi Informasi Prop Kalbar. Chatarina mempresentasikan tentang Urgensi masyarakat dalam keterbukaan informasi publik yaitu konstitusi menjamin hak untuk tahu.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 150 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: