www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
 
banner hasil seleksi mahasiswabaru IAIS
 
banner Pengumuman teswawancara RISNAKES 2017

Vicon Bahas Ketersediaan Pangan

E-mail Cetak PDF

pertemuan diruang vicon polres sambas

Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH mengingatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan bekerja optimal jelang perayaan hari besar keagamaan nasional. Wabup memerintah dinas terkait seperti Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan dan beberapa dinas lainnya aktif memantau perkembangan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan dan komoditas lainnya jelang hari besar keagamaan nasional bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2017.

Hal tersebut dikemukakan Wabup usai mendapat arahan langsung dari Kapolri, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Dirut Bulog dan Ketua KPPU melalui Video Conference di Mapolres Sambas, Rabu (3/5). Video Conference tersebut, dihadiri langsung Wakapolres dan jajarannya, tersambung langsung melalui jaringan internet dengan seluruh jajaran kepolisian daerah seluruh Indonesia.

"Arahan Kapolri sangat jelas, agar seluruh jajarannya termasuk pemerintah daerah melakukan pemantauan stabilitas harga," tegas dia. Dikatakan Wabup, ada beberapa permasalahan penyebab terjadinya ketidakstabilan harga maupun ketersediaan stok barang. Diantaranya sebut dia seperti faktor disparitas harga hingga permasalahan distribusi.

"Pihak kepolisian sudah mendapat arahan langsung Kapolri untuk mengawal itu, Pemerintah Daerah tentunya akan memberikan perhatian yang sama, agar stabilitas dan ketersediaan bisa kita wujudkan," ungkap dia. Pastinya, sebut Wabup, Dinas terkait telah melakukan langkah awal mengantisipasi fenomena jelang ramadhan dan idul fitri. Dikemukakan Hairiah, masukan dari hasil video conference diantaranya perlunya penanganan preventif seperti menghadirkan kompetitor bagi para spekulan.

"Operasi pasar sudah dijadwalkan dinas terkait dan siap kita gelar, hanya saja benar kata Kapolri, jangan sampai, yang memanfaatkan operasi pasar nantinya para spekulan, sehingga ini harus dikawal oleh semua pihak," tutur Hairiah. Kadis Kumindag Sambas, Uray Tajudin melalui Kabid Perdagangan, Nisa Azwarita menegaskan bahwa unit kerjanya sudah turun melakukan pemantauan. Diakui dia, ada beberapa komoditi, yang memang ketersediaan stok dari supplier dalam beberapa bulan terakhir defisit.

"Unit kerja kami rutin melakukan pemantauan, insya Allah menjelang ramadhan dan idul fitri, intensitasnya kita tingkatkan dan kita melibatkan beberapa pihak terkait," ungkapnya. Dikatakan Nisa, Pemerintah Daerah memberikan perhatian serius terhadap ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan, terutama jelang perayaan hari besar keagamaan nasional seperti ramadhan, idul fitri maupun natal. Hal itu lanjut dia sebagai tanggung jawab pemerintah menghadirkan stabilitas dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Pemerintah Daerah berharap masyarakat tidak panik jelang perayaan ramadhan dan idul fitri, lakukan konsumsi sewajarnya, kita harapkan masyarakat tidak berspekulasi, pelaku usaha pun kita harapkan tidak melakukan tindakan spekulasi-spekulasi yang dapat menyebabkan ketidakstabilan harga maupun stok bahan pangan," himbaunya. Nisa mengingatkan, Kepolisian melalui Tim Satgas Mafia Pangan akan melakukan upaya penegakan hukum bagi spekulan-spekulan yang ditengarai penyebab terjadinya ketidakstabilan harga dan stok pangan. Dijelaskan dia, hal itu telah menjadi perintah langsung Kapolri kepada Polisi di daerah. "Ini artinya, pemerintah hingga pemerintah daerah didukung penuh aparatur penegak hukum serius memerangi mafia pangan," tutur dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 57 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: