www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Sekda Warning SKPD Komitmen Serapan Anggaran

E-mail Cetak PDF
rakor temajuk
Rapat koordinasi Pemda Kab Sambas di Pantai Temajuk, Jumat Malam (7/7) jadi momentum Sekretaris Daerah, Drs H Uray Tajudin MSI meminta Komitmen Pimpinan SKPD terhadap serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2017. Tajudin menegaskan komitmen itu harus segera direalisasikan.

Hal itu jelas Sekda sangat penting untuk kelancaran proses pembangunan di Kab Sambas. “Kita mengarahkan semua SKPD memberikan komitmennya terkait serapan APBD terutama pada semester pertama yang dinilai masih jauh dari harapan. Kita tidak menginginkan dengan serapan yang masih jauh dari penjadwalan kita memberikan dampak pada proses pembangunan di Kab Sambas,” tegas dia.

Forum Rakor SKPD di Temajuk itu terungkap beberapa fakta lapangan yang mengakibatkan rendahnya serapan anggaran beberapa SKPD terutama yang memiliki nilai proyek dan kegiatan yang besar seperti dinas Pendidikan, Kesehatan, bina marga maupun dinas perumahan rakyat.

Seperti yang dituturkan Kadis Pendidikan H Jusmadi, kendala lambatnya unit kerja dia terhadap proyeksi serapan anggaran lebih dikarenakan indicator dana alokasi khusus erat kaitannya dengan kucuran dana dari pusat. Sehingga prosesnya kata dia memiliki keterkaitan dengan kesiapan pusat, termasuk pengelolaan DAK yang diswa kelolakan.

Kadis Kesehatan I Ketut Sukarja juga menjelaskan hal yang senada. Disebutkan dia, pendanaan program kegiatan Diskes lebih besar dananya berasal dari Pusat langsung atau DAK. Selain itu, untuk beberapa program kegiatan, untuk elektronik katalognya sampai saat ini belum muncul. “Problem e-katalog menjadi sangat krusial, karena itu berhubungan langsung dengan kesiapan proses pelelangan,” tuturnya.

Tidak hanya program kegiatan fisik, I Ketut Sukarja mengungkapkan, proses pengadaan obat maupun ambulan hingga saat ini masih belum bisa dilakukan proses pelelangan. Kendalanya lagi sebut dia adalah e-katalog atau katalog elektronik belum tersedia pada laman yang telah ditentukan. “Dinas kita sebenarnya sudah siap, hanya saja persyaratan yaitu e-katalognya lagi-lagi bermasalah atau belum bisa kita akses. Tetapi kami yakin, akhir juli target serapan 30 persen dapat kita capai,” jelas dia.

Sedangkan Kadis Bina Marga, Ir H Fery Madagaskar menegaskan unit kerjanya berkomitmen akhir agustus serapan anggaran mencapai 40 persen lebih. Masih rendahnya serapan dinasnya pada semester pertama ini jelas dia terkait dengan beberapa proses pelelangan yang harus dilakukan ulang. “Ada sekitar 8 paket yang harus kita ulang, ini yang lumayan cukup menghambat proses serapan anggaran kita,” ungkapnya.

Diyakini Fery, jika proses 8 paket tersebut sudah kembali normal, serapan anggaran dinasnya naik secara signifikan. Karena jelas dia, selain dari 8 paket proyek itu, proyek selebihnya hanya dilakukan dengan penunjukkan langsung. “Penunjukkan langsung tidak serumit pelelangan, karenanya kita optimis akhir agustus bisa tercapai target serapan kita,” terangnya. Selain memberi peringatan terhadap SKPD terkait komitmen penyerapan anggaran, Sekda memerintahkan dinas kreatif meningkatkan pendapatan daerah.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 113 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: