www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Peringatan Berkabung Daerah, Lawan Kemiskinan dan Kebodohan

E-mail Cetak PDF
bersama bupati bengkayang
Ada pesan khusus Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc sehubungan momentum berkabung daerah tahun 2017. Bupati yang berziarah langsung ke lokasi makam nomor 9 dan 10 di kompleks Tugu Juang Mandor Kabupaten Landak pada peringatan Hari Berkabung Daerah Prop Kalbar, Kamis (6/7), mengatakan sangat penting memperingati hari berkabung daerah. Kata dia, itu sebagai bentuk penghormatan masyarakat Kalimantan Barat terhadap tokoh-tokoh masyarakat yang dinilai memiliki pengaruh besar pada masa itu terhadap pembangunan Kalimantan Barat.

“Ziarah makam, sebagai salah satu cara kita mengingat jasa atas pengorbanan mereka. Selain itu, kita dapat mengenang hal-hal baik yang telah dilakukan para tokoh masyarakat terdahulu untuk terus kita lanjutkan membangun kalbar dan daerah kita,” ujar dia. Dijelaskan Bupati, momentum hari berkabung daerah harus dijadikan semangat melawan kemiskinan dan kebodohan yang masih menjadi perhatian pada pembangunan Kalbar secara umum.

Kata dia, Kabupaten Sambas harus menjadi bagian dari upaya pengentasan kemiskinan dan buta aksara. “Jika kita teliti para tokoh yang menjadi korban mandor berdarah ini adalah tokoh-tokoh yang dinilai berpengaruh pada masa itu. Artinya, kita masyarakat Kalbar punya potensi SDM yang tidak kalah dengan daerah lainnya,” terang Bupati. Hanya saja sebut dia, diperlukan komitmen dan kebersamaan mewujudkan SDM berkualitas. Generasi muda lanjut dia harus mencontoh keteladanan para tokoh korban mandor berdarah tersebut. Minimal kata dia, meneladani semangat para tokoh menjadi orang yang berpengaruh di Kalbar pada saat itu.

“Maksudnya, para tokoh adalah orang-orang yang pintar, karenanya generasi muda harus meneladani dengan cara giat belajar dan bertekad menjadi orang yang bermanfaat bagi yang lain dengan kreatifitas dan inovasi yang positif,” jelas Bupati. Memperingati Hari Berkabung Daerah, Kabupaten Sambas telah menggelar upacara pada Senin (3/7) tepat hari pertama masuk kerja usai cuti bersama lebaran 1438 H.

Adapun pelaksanaan tingkat propinsi Kalbar dipusatkan di Tugu juang Mandor Kab Landak. Bupat Sambas turut menghadiri upacara yang dipimpin langsung Wakil Gubernur Kalbar Christiandy. Hadir bersama Bupati Sambas, Suryadman Gidot, Bupati Bengkayang. Puncak peringatan ditandai dengan peletakan karangan bunga oleh Wagub berserta perwakilan ahli waris tokoh-tokoh juang mandor di tugu juang mandor dan tabur bunga dipusara makam.

Bupati Sambas dan Bengkayang tabur bunga dilokasi yang sama, yakni lokasi makam nomor 9 dan 10. Dilokasi makam ini, diyakini terdapat dua nama tokoh dari Kabupaten Sambas. Adalah M Ibrahim Tsafiudin, dari Kesultanan Sambas dan Uray Abdul Hamid Tokoh Masyarakat Pemilik Sekolah.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 115 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: