www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Bupati Turun Langsung Pimpin Razia PETI

E-mail Cetak PDF
razia petiBupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc didampingi Kadis Perkim LH, M Ibrahim K, Plt Kadis Polisi Pamong Praja menggelar razia penambangan emas tanpa izin. Bupati dan rombongan melakukan razia dititik lokasi PETI Dusun Karangan Desa Madak Kec Subah, Kamis (5/10). Tim Pemda Kab Sambas tersebut di backup dari Satuan TNI Koramil Sambas dan Polres Sambas. Hasil razia, ditemukan belasan mesin peralatan penambangan emas tradisional. Dua diantaranya mesin dengan teknik penambangan di sungai, 11 mesin berada dikolam.

razia petiRazia tersebut berhasil menjaring pelaku penambang dua orang laki-laki dan satu orang perempuan paruh baya. Lainnya berhasil melarikan diri. Mesin-mesin yang ditemukan langsung dirusak dan dibakar. Bupati Sambas tampak langsung merusak mesin dan membakarnya. Tidak hanya itu, pondok-pondok tempat pelaku PETI tinggal, juga dirusak dan sebagian dibakar.

razia peti duaMenurut informasi Yandi, salah satu pria yang berhasil diamankan, pekerja PETI dilokasi itu merupakan warga luar kabupaten sambas. Katanya dia hanya sebagai pekerja saja. Sedangkan pembiayaan PETI didanai oleh bos-bos yang juga orang luar Kab Sambas. “Saya asalnya dari jirak samalantan bang,” jawab dia ketika ditanya tim kabupaten. Mereka mengaku rata-rata dibayar sekitar 30 ribu hingga 70 ribu rupiah perhari.

Dilihat dari hasil pantauan dilapangan, pekerja PETI ada yang turut memboyong keluarga kecilnya. Tampak beberapa baju milik balita, popok bayi, menjadi temuan tim. Fakta lapangan ketika razia tersebut adalah, rata-rata pelaku PETI membekali diri dengan senapan lantak. Senapan tersebut langsung diamankan pihak kepolisian, termasuk beberapa barang temuan bagian mesin penambang dan motor pelaku PETI.

Bupati ketika berdialog dengan pekerja PETI yang terjaring, mengingatkan untuk tidak melanjutkan PETI di Kab Sambas. Dia menyarankan agar penambang-penambang tersebut melakukan penambangan yang legal. Pada prinsipnya, Atbah meminta jangan sampai aktifitas penambangan merusak lingkungan. “Insya Allah kita akan giatkan terus razia, dan pembinaan yang berkelanjutan,” terang Bupati.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 90 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: