www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Tumbuhkan Minat dan Bangga Jadi Petani

E-mail Cetak PDF
sarasehan6Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc menerangkan sektor pertanian dan mata pencarian sebagai nelayan memberikan sumbangsih yang besar bagi masyarakat kab sambas. Untuk sektor pertanian, ungkap dia, saat menghadiri sarasehan Kelompok Tani Dan Nelayan Andalan atau KTNA Kab Sambas di Balairungsari Pendopo Bupati Sambas, Kamis (2/11) sudah tidak perlu diragukan. Pertanian sebagian besar digeluti masyarakat kab sambas. Sektor nelayan pun lanjut dia, untuk kabupaten sambas cukup menjanjikan mengingat luasan garis pantai dan laut yang dapat dikelola masyarakat kab sambas.

Berbicara Pertanian, Atbah mengingatkan masih banyak faktor penghambat kemajuan yang perlu dicarikan solusinya. Termasuk jelas Bupati, kurangnya minat generasi muda terhadap sektor pertanian. “Tidak ada yang ingin menjadi petani, kebanyakan yang menjadi petani lebih dikarenakan terpaksa oleh keadaan yang tidak mampu diserap oleh lapangan pekerjaan. Ini harus menjadi perhatian kita bersama,” tegas Atbah mengajak KTNA Kab Sambas mencarikan solusinya.

Dia membayangkan kabupaten sambas tanpa sumber daya manusia yang komitmen memberikan perhatian pada pertanian. Dia mengajak memikirkan ketika profesi petani sudah banyak ditinggalkan generasi muda. Terang Bupati bisa diprediksi terjadi kegoncangan ketahanan pangan. “Kita harus carikan solusinya, mengapa generasi muda sekarang ini enggan menjadi petani? Salah satu jawaban yang saya kaji dikarenakan sektor ini bagi masyarakat kita tidak begitu menjanjikan jika kita lihat dari banyaknya permasalahan yang dihadapi para petani,” ungkap dia.

Atbah mengingatkan KTNA harus mampu menjadi garda terdepan mengonsepkan pertanian kabupaten sambas kedepannya mampu mensejahterakan kehidupan para petani dan nelayan. Dia meminta agar kebijakan program dan kegiatan yang disusun dalam rangka pembangunan pertanian berpihak pada petani. “Sarasehan KTNA ini sangat strategis, selain sebagai ajang tukar informasi, silaturahmi hingga wadah untuk mediasi petani dengan pemerintah, marilah kita sama-sama menciptakan program kerja yang mampu menghadirkan kesejahteraan bagi para petani dan nelayan kita,” harapnya.

Terkait sarasehan KTNA Kab Sambas dalam rangka mempersiapkan pekan daerah pertanian XI tahun 2019 di Kab Sambas, Bupati memberikan apresiasinya. Dia mengatakan, kegiatan seperti sangat positif bagi kabupaten sambas. “Minimal manfaat kegiatan Peda XI itu untuk mempromosikan kab sambas. Saya meminta panitia yang terlibat, benar-benar mematangkan kegiatan Peda XI sehingga maksimal promosi bagi daerah kita,” tutur dia.

Guna menarik minat kaum muda terhadap pertanian, Atbah menyarankan agar dibentuk komunitas produk pertanian maupun kelompok tani muda. Porsi generasi muda diberikan lebih banyak berkarya, kreasi dan ide-ide memajukan pertanian. “Kita harus menciptakan peluang yang menjanjikan pada sektor pertanian, sehingga memberikan ketertarikan yang besar bagi semua komponen. Tujuannya tetap bagaimana pembangunan sektor pertanian selain menguatkan ketahanan pangan, juga dengan nyata memberikan kesejahteraan bagi para petani,” terangnya.

Membicarakan sektor nelayan, Atbah mengemukakan jika semua patuh terhadap aturan yang telah dikeluarkan, dia yakin tidak akan ditemui permasalahan ataupun gesekan-gesekan antara nelayan tradisional dan kelompok lainnya. Hanya saja diakui dia, beberapa kelompok terkadang mengklaim bahwa aturan yang dibuat terlalu berpihak pada kelompok tertentu. “Jika ditemukan permasalahan yang berawal dari gesekan-gesekan ditingkat bawah, saya mengharapkan dapat diselesaikan dengan cara terbaik, dengan bermusyawarah. KTNA harus turut melibatkan diri memberikan pemahaman yang benar tanpa harus memihak dan memberikan solusi bagi permasalahan yang ada,” pintanya.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 118 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: