www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Kades Jaga Eksistensi Pemdes

E-mail Cetak PDF
lantik kadesBupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, berpesan agar setiap Kepala Desa memiliki komitmen menjaga eksistensi pemerintahan desa. Pada pelantikan 17 Kades di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Selasa (19/12), dia mengingatkan Kades menjalin hubungan harmonis. Terutama sebut dia antara kepala desa, BPD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa dan masyarakat.

“Sangat penting untuk mewujudkan efektifitas dan menjaga eksistensi penyelenggaraan pemerintahan desa. Jalin hubungan yang harmonis sesama unsur penyelenggara pemerintahan desa. Kita menginginkan program pembangunan dan pemberdayaan berjalan baik. Tujuannya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” tegas dia. Prioritas sebagai kades desa ungkap Atbah adalah amanah terhadap jabatan yang diemban. Menurut Bupati, jabatan itu adalah kepercayaan yang diberikan masyarakat.

“Amanah itu dijaga, dijalankan dengan sebaik-baiknya. Jabatan Kades adalah kepercayaan kepada kita. Laksanakan dengan niat memberikan manfaat terbaik dan sebesar-besarnya kepada orang lain demi kemajuan dan perkembangan desa,” tutur Atbah. Tata kelola pemerintahan desa imbuh Bupati harus pelan-pelan dipelajari kades yang baru. Kualitas tata kelola jelasnya adalah bagian mewujudkan proses penyelenggaraan pemerintahan yang baik bersih.

Kades terang Atbah harus memperhatikan upaya peningkatan kapasitas dan integritas penyelenggara pemerintahan desa. Seperti kades, BPD, Perangkat Desa hingga lembaga kemasyarakatan desa. “Kades harus memprioritaskan pembangunan. Ideologinya adalah mensejahterakan masyarakat. Pengelolaan sumber-sumber keuangan desa harus mengedepankan prinsip check dan balances,” jelasnya.

Bupati juga menekankan pentingnya kades menjadi penggerak lahirnya keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Dijelaskan dia, partisipasi itu tujuannya menggali aspirasi dan harapan masyarakat. “Desa-desa kita harus menjadi pemerintahan yang bersih, profesional, efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” tutur dia.

Kades lanjut dia harus membangun komunikasi dengan pihak eksternal pemerintah desa seperti organisasi perangkat daerah, DPRD, aparat penegak hukum maupun pihak swasta. Dia yakin, komunikasi yang baik memberikan dampak yang positif bagi pembangunan desa. “Kerjasama dan sinergitas yang dibangun bisa memberikan kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaan tugas,” tukas dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 62 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: