www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Tim Perpusnas RI Kaji Perbatasan Sambas

E-mail Cetak PDF
bersama tamu perpusnasHasrat Pemerintah Daerah Kab Sambas menghadirkan perpustakaan daerah terus dimatangkan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab Sambas melakukan beberapa upaya berkesinambungan mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional RI untuk mewujudkan impian pembangunan perpustakaan daerah.

Satu diantaranya dengan mengundang Perpustakaan Nasional RI hadir ke Kab Sambas. Adalah Sukoyo, Kabid Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpustakaan Nasional RI bersama tiga stafnya melakukan kunjungan kerja ke Kab Sambas, Rabu (4/4). Pustakawan perpusnas itu disambut Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc didampingi Asisten Administrasi Umum Ir H Daryanto MT, Ketua TP PKK Kab Sambas Hj Lusiana Kosasih Atbah, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca Disperpusarda, Jumadi Asri di Ruang Rapat Bupati Sambas.

Suyoko menyampaikan maksud kunker mereka dalam rangka pendataan jumlah perpustakaan, Tenaga Pengelola Perpustakaan, Jumlah Kunjungan Pemustaka. “Kami juga ingin mengetahui jumlah koleksi buku yang ada di perpustakaan disini,” ujar dia. Suyoko juga menginformasikan ke Bupati Sambas, pada tahun 2019 nanti, untuk Dana Alokasi Khususnya, terdapat beberapa menu pembangunan.

Diantaranya erat kaitan dengan pembangunan gedung perpustakaan, rehap gedung perpustakaan, bantuan buku hingga kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga perpustakaan. “Kami juga mengkaji untuk menghadirkan pojok baca di perbatasan NKRI ini,” tuturnya.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc dalam sambutannya sangat bersyukur Allah Swt menghadirkan tim Perpusnas RI ke Kab Sambas. Dia berharap kunjungan kerja Kabid Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpustakaan Nasional RI ini membawa berkah Allah untuk menghadirkan gedung perpustakaan daerah yang representative.

“Kabupaten Sambas ini adalah daerah perbatasan, terluar dan terpencil. Kami sangat berterima kasih sekali jika pemerintah pusat menambah perhatiannya lagi dengan menghadirkan pembangunan gedung perpustakaan daerah yang megah,” ujar dia. Hal tersebut menurut Bupati sejalan dengan nawacita Presiden RI Joko Widodo dalam memprioritaskan pembangunan daerah terpinggir, terluar dan perbatasan. Kata dia Kab Sambas memiliki semua potensi itu.

“Kab Sambas ini merupakan ujung negeri, beranda negara. Dengan hadirnya gedung perpustakaan yang bagus, insya Allah memberikan dampak positif bagi indeks pembangunan manusia kab sambas. Dan memberikan citra baik bagi beranda negara kita dimata negeri tetangga,” ungkap dia.

Karenanya Atbah berharap, DAK 2019 khususnya pembangunan gedung perpustakaan bisa dialokasikan untuk Kab Sambas. Asisten Administrasi Umum, H Daryanto mengungkapkan Pemda Kab Sambas menyambut baik informasi terkait menu DAK 2019 untuk pembangunan gedung perpustakaan. Secara teknis, Mantan Kepala BAPPEDA Kab Sambas ini menyebutkan, Kab Sambas sudah punya kesiapan lahan.

“Untuk lahan insya Allah kita siap. Untuk menghadirkan pembangunan gedung perpustakaan ini, tentunya kami pemerintah daerah mengharapkan dukungan dan doa seluruh komponen masyarakat kab sambas agar ada rezeki bagi kita agar alokasinya bisa diwujudkan di daerah kita,” ujar dia. Selain lahan, daerah juga diharapkan mempersiapkan perencanaan pembangunan, sedangkan pemerintah pusat lebih pada pengalokasian pembangunan fisik.

Daryanto menjelaskan, sesuai arahan Bupati Sambas, melalui Dinas Perpusarda segera ditindaklanjuti dengan usulan ke pemerintah pusat melalui Perpusnas RI. “Kita sambut baik hal ini, pastinya kita harus cepat mengajukan usulan agar pembangunan gedung perpustakaan, agar bisa dialokasikan untuk daerah kita,” ungkap dia.

Jumadi Asri, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca Disperpusarda menyebutkan, selain mengadakan mengadakan penjajakan, tim perpusnas RI meninjau kemunkinan dan peluang untuk membuat Pojok Baca di Border Aruk Sajingan. “Selain itu kita patut bersyukur dengan kehadiran tamu dari perpustakaan nasional, karena kita mendapat Bantuan Buku dan Rak di Desa terpilih untuk wilayah kecamatan Teluk Keramat dan Sambas,” jelas Jumadi Asri. Selain itu, juga dibicarakan sehubungan dengan potensi menghadirkan perpustakaan digital yang kedepannya bisa diakses melalui gadget telepon genggam.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 32 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: