www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Pemerintah kabupaten Sambas Melaksanakan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE)

E-mail Cetak PDF
Sambas, Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, yang selanjutnya disingkat SPBE, di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah ditujukan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) oleh Kemenpan RB bekerjasama dengan 5 perguruan tinggi, yakni Universitas Indonesia, Politeknik Elektronika Surabaya, Universitas Telkom, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dan Universitas Gunadarma
Agar pelaksanaan SPBE dapat berjalan untuk mencapai tujuannya, maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dari pelaksanaan SPBE di setiap Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah. Evaluasi SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menghasilkan suatu nilai Indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan SPBE di setiap satuan kerja.
Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik akan dilakukan pada 3 Domain, yaitu Kebijakan Internal, Tata kelola, dan Layanan SPBE. Oleh karena itu, KemenPAN-RB memberi pertimbangan pada instansi atau unit yang bersangkutan untuk mengutus pegawai yang ditugaskan menguasai ketiga domain tersebut.
Senin (10/4/2018) Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas yang tergabung dalam kelompok 1 melaksanakan evaluasi intern SPBE yang bertujuan untuk memperkenalkan Tim Evaluator SPBE Kabupaten Sambas, Tim evaluator Intern sendiri memiliki tugas secara mandiri untuk mengevaluasi OPD masing – masing untuk Pengelolaan yang menggunakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.
Tim Pengarah SPBE Kabupaten Sambas sendiri langsung diketuai oleh Bupati Sambas dan beranggotakan semua kepala dinas OPD di Kabupaten Sambas, sementara itu untuk Tim Evaluasi SPBE sendiri dipimpin Asisten Pemerintah Kabupaten Sambas dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sambas sebagai leading sektor sistem berbasis elektronik.
Tujuan tim evaluasi SPBE ini antara lain adalah untuk mengetahui capaian kemajuan pelaksanaan SPBE di wilayah kerja Pemerintah Kabupaten Sambas, memberikan saran perbaikan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan SPBE dan menjamin kualitas pelaksanaan evaluasi pada Pemerintahan Kabupaten Sambas.
Kementerian PAN-RB sendiri memberikan tenggat hingga tanggal 25 maret sampai dengan 20 April 2018 untuk Pemerintah Daerah melaksanakan evealuasi dilingkungan kerja masing – masing. (nino_diskominfoSbs)

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 55 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: