www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Halal Bihalal, Wabup Minta GOW Dukung MDGs

E-mail Cetak PDF

gow

Gabungan Organisasi Wanita Kab Sambas menggelar halal bihalal perayaan idul fitri 1437 Hijriah di Balairung Sari Pendopo Bupati Sambas, Rabu (13/7). Diikuti perwakilan 34 organisasi perempuan di Kab Sambas, seperti Dharma Wanita Persatuan, Persatuan Istri Legislatif Kab Sambas, Persit, Bhayangkari, dan lainnya. Halal bihalal menjadi hal yang lumrah dilaksanakan umat muslim Indonesia pada umumnya, tidak terlepas di Kab Sambas. Halal bihalal GOW mengundang Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah dan mendatangkan Penceramah Adib Khaironi.

sambutan

Dalam sambutannya, Wabup Sambas, Hj Hairiah selaku pembina GOW Kab Sambas mengatakan GOW Kab Sambas melalui program kerjanya telah memberikan partisipasi aktif mewujudkan Millenium Development Goals atau tujuan pembangunan millenium. "Delapan point MDGs, diantaranya sudah dilakukan GOW ditingkat bawah seperti masalah kematian ibu melahirkan," ujar dia.

Tidak hanya itu, kata dia, GOW Kab Sambas juga mampu berbicara tentang masalah bagaimana meningkatkan ketahanan rumah tangga. Dijelaskan Hairiah, Perempuan terlibat dalam ketahanan keluarga. "Konteks agama manapun berbicara keagungan seorang perempuan, seperti dalam islam, derajat perempuan beda tiga tingkat. Sehingga perempuan harus terlibat dalam setiap kegiatan yang difasilitasi bisa oleh diri sendiri, negara atau pemerintah," jelasnya.

Menurut Wabup, dalam hal ini, GOW telah kontribusi dan menunjukkan partisipasi kelompok perempuan adalah luar biasa. Hairiah juga meminta semua komponen masyarakat mendukung gerakan kelompok perempuan perdesaan tangguh di Kab Sambas. "Kita tinggal di desa, kita adalah bagian dari penduduk desa tersebut. Tentu melihat dari perempuan tangguh menjadi mainstreaming atau pengarus utamaan setiap kegiatan yang kita laksanakan, dan GOW mempunyai berbagai macam program yang telah tertulis," papar dia.

Dicontohkan dia, dalam konteks kecil-kecil seperti IBI, ibu persit, dharma wanita didalamnya terdapat program masing-masing, lalu sebutnya program besar tergabung dalam program GOW, yang lebih besar lagi program di BKOW, dan dipusat seperti KOWANI. "Harapan kita, semua program GOW sinergis mendukung pembangunan secara universal," terang dia.

Adib Khaironi dalam tausyahnya mengatakan terdapat salah penafsiran tentang halal bihalal. Kata dia Pengertian Halal Bihalal selama ini memang dimaknai mengurai yang kusut, meluruskan yang bengkok dan menjernihkan yang keruh. "Hanya dimasyarakat kita terdapat salah kaprah seperti ucapan minal a'idzin wal fa idzin, sering diartikan mohon maaf lahir dan bhatin, padahal tidak seperti itu pengartiannya, walau salah kaprah tapi masih bisa dimaklumi," tuturnya.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 111 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: