www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Tanamkan Cinta dan Peduli Lingkungan

E-mail Cetak PDF

himbau

Wakil Bupati Sambas mengajak semua komponen masyarakat lebih peduli lagi terhadap keseimbangan lingkungan hidup. Kata Hj Hairiah SH MH, minimal lingkungan keluarga masing-masing. "Jangan kita rusak lingkungan sekitar kita, minimal tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan rumah kita," ujar dia saat memberikan arahan pelajar se-kecamatan teluk keramat di Dermaga Penyeberangan Sekura-Tanjung Harapan Teluk Keramat, Selasa (9/8). Didampingi Camat Teluk Keramat dan beberapa tokoh masyarakat Desa Sekura, Hairiah meminta semua komponen yang ada di Teluk Keramat khususnya harus memberikan perhatian serius terhadap kebersihan sungai dan lingkungan seperti pasar, pusat kesehatan, sekolah dan lingkungan rumah warga masing-masing.

Kata dia sekarang ini perlu ditanamkan lagi rasa kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan. Dia meminta penegasan terhadap kepedulian tersebut digaungkan lagi, mulai tingkat rumah tangga sekolah hingga lingkungan masyarakat luas. "Mari kita jadikan diri kita motivator pecinta lingkungan, kita sampaikan pemahaman yang benar terkait lingkungan, karena masih banyak yang kurang paham tentang ini," ajak Wabup.

Perempuan yang pernah bertugas sebagai Anggota DPD RI di Jakarta ini, menegaskan jangan ragu menegur orang yang membuang sampah sembarang atau melakukan tindakan yang dapat merusak lingkungan. Tapi diingatkan dia, cara menegur tetap dengan cara yang sopan dan santun. "Jangan takut, mulai sekarang beri teguran dengan baik terhadap semua tindakan yang salah, jika kita benar, harus berani kita ungkapkan. Kita sampaikan agar tidak membuang sampah sembarangan, kita ajak mereka mencintai lingkungan ini," tuturnya.

Sebagai seorang muslim lanjut dia, sudah sepatutnya menerapkan pola hidup bersih. Karena Hairiah yakin, semua umat muslim memahami bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman, dimana tidak hanya bersih secara fisik, melainkan kebersihan hati harus patut dijaga. Wabup yakin, seseorang dengan kebersihan hati yang dimiliki akan menerapkan pola hidup sehat dan bersih pula. "Mulai sekarang jangan lagi kita buang sampah sembarangan, jangan jadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah, kita ajarkan yang baik-baik dan kita beri teladan bagi generasi kita kedepan, jangan sampai generasi kita memanen hasil buruk dari prilaku kita sekarang yang tidak perduli dengan lingkungan. Jadi warisi generasi kita kedepan dengan hal dan prilaku yang baik mulai dari sekarang," pintanya.

Nawazi, Camat Teluk Keramat mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah di sekitar pasar sekura adalah bagian edukasi bagi masyarakat agar peduli lingkungan. Kegiatan yang lebih didominasi pelajar dan beberapa pengurus pasar itu dimaksudkan camat agar rasa memiliki dan kebutuhan akan kebersihan terpatri di pola pikir semua masyarakat. "Kita terus dan akan terus membangunkan kesadaran dan pemahaman yang benar untuk mencintai lingkungan. Salah satunya kita dekatkan terutama para pelajar dengan kegiatan nyata terhadap kebersihan lingkungan seperti gerakan membersihkan sampah sungai dan pasar," papar dia.

Tapi kata Camat Teluk Keramat, kegiatan kebersihan adalah bagian dari spontanitas untuk menciptakan kebersihan lingkungan. Yang lebih terpenting dari kegiatan itu menurut Nawazi adalah membangun kesadaran dan memberikan wawasan terhadap pentingnya keseimbangan dan kelestarian lingkungan untuk hidup yang lebih baik dan sambas hebat kedepan.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 102 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: