www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Pawai Obor, Semangat Perjuangan Isi Pembangunan

E-mail Cetak PDF

pawai obor

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc memimpin upacara Pawai Obor dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-71, Selasa Malam (16/8). Pawai Obor dihadiri Ketua DPRD Kab Sambas, Sekda Kab Sambas, Kapolres, Ketua Pengadilan Agama Sambas dan Kajari Sambas. Beberapa pejabat struktural eselon II tampak hadir dipentas undangan yang dipersiapkan Panitia.

Bupati didaulat menjadi Inspektur Upacara pada momentum Pawai Obor Tahun 2016 dalam rangka rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-71. Pawai Obor dikawal dari Satuan Lalu Lintas Polres Sambas, diikuti ribuan pelajar se-Kota Sambas mulai jenjang tingkat SD sederajat hingga SMA sederajat.

Pawai obor dimulai dengan penyalaan secara simbolis obor peserta oleh Bupati Atbah. Dalam sambutannya, Bupati meminta moment pawai obor tidak dijadikan kegiatan seremonial belaka. Melainkan dia pinta, nilai semangat yang terkandung dalam pawai obor mampu menjadi motivasi dalam mengisi pembangunan. "Momentum pawai obor ini terkandung nilai-nilai yang amat mulia, yaitu mengenang segala macam perjuangan para generasi terdahulu serta tugas kita mengawali dan mengisi pembangunan disegala bidang," ujar Bupati.

Atbah menekankan terutama kepada generasi muda kab sambas berupa tugas-tugas dan peran generasi muda mengisi pembangunan didaerah. Ungkapan atau kalimat Pemuda harapan bangsa, pemuda tulang punggung negara, pemuda penerus cita-cita generasi tua dan berbagai macam kalimat motivasi lainnya, menurut Atbah itu harus dibuktikan. Dengan kata lain, jelas dia kalimat-kalimat diatas adalah bentuk harapan pejuang terdahulu bagi generasi berikutnya. "Jangan kau tanyakan apa yang telah negara perbuat kepadamu, tapi tanyalah kepada dirimu sendiri apa yang telah kau perbuat untuk negaramu," ucap Bupati menirukan kalimat bijak cendekia terdahulu.

Diperjelas Atbah, pemuda tidak boleh banyak berpangku tangan, tidak hanya menjadi penonton pembangunan atau keberhasilan orang lain, tidak menunggu, tidak terlalu berharap melakukan hal besar tapi tidak dilakukan. Yang perlu dilakukan Pemuda atau generasi muda kab sambas pinta Bupati adalah belajar, bekerja, inovasi, dan kreatif serta produktif penuh dengan semangat juang yang tinggi. "Kita harus belajar dengan penuh semangat, bekerja cerdas, bekerja keras, bekerja tuntas, dan bekerja ikhlas. Mari kita bekerja nyata dan nyata-nyata bekerja dengan sigap menuju sambas hebat," pinta Atbah.

Pemuda harap Orang nomor satu kab sambas itu, dapat bercermin dari pernyataan yang dikeluarkan Presiden Pertama RI, Bung Karno yaitu Berikan aku 10 pemuda, maka akan aku guncang dunia. Kata dia, jika dicermati mendalam kalimat itu, betapa hebatnya peran pemuda yang tangguh, mampu merubah bangsa yang dianggap sebelah mata hingga menjadi bangsa yang luar biasa.

"Semua keberhasilan, kesuksesan dalam membangun, hanya bisa kita lakukan jika kita memiliki pemuda yang tangguh, pemberani, dan pantang menyerah serta memiliki karakter. Momentum pawai obor, peringatan hari kemerdekaan republik indonesia ke-71 ini, kita generasi muda penerus bangsa ini untuk bangkit kembali, perjuangkan bangsa ini, bangun negeri dan selalu semangat dan optimis memberikan yang terbaik bagi tanah air, bangsa dan negara yang kita cintai ini," tegasnya.

Dia minta semangat patriotisme dan nasionalisme tetap bergelora disanubari masyarakat kab sambas sebagai bagian dari Bangsa yang besar, Indonesia. Bupati minta masyarakat kab sambas yakin akan kemampuan membuat perubahan yang besar bagi kab sambas dan Indonesia. "Obor yang kita bawa juga mempunyai makna tersendiri, yaitu obor yang mampu menerangi jika kita sedang dalam kegelapan, bermakna juga bermanfaat untuk orang lain, tidak pernah padam bermakna semangat yang berkobar-kobar, dan hidup tanpa pamrih yang berarti dia bekerja ikhlas," sebut Bupati.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 111 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: