www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Canangkan GERMAS Kalbar di Sei Kelambu Tebas

E-mail Cetak PDF
germas di tebas
Pencanangan Gerakan Hari Masyarakat Hidup Sehat Kalimantan Barat digelar di Puskesmas Sei Kelamu Kec Tebas, Kamis (7/9). Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc menghadiri langsung kegiatan pencanangan tersebut. Hadir dari Direktorat Gizi Masyarakat Ditjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Dyah Yuniar Setiawati, Ketua TP PKK Kab Sambas, Wakapolres Sambas, pimpinan SKPD dan masyarakat sei kelambu kec tebas.

Dalam rangka pencanangan germas itu, digelar senam sehat, pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian ikan pembasmi jentik dan puncaknya ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Sambas serta penandatanganan komitmen bersama camat dan pimpinan puskesmas se-Kab Sambas mendukung Germas.

Bupati Sambas menegaskan, semua elemen masyarakat kab sambas harus mendukung Germas. Kata dia, dengan Germas, masyarakat kabupaten sambas semakin sadar dengan penerapan pola hidup sehat. “Pemerintah daerah mengajak seluruh komponen masyarakat turut menyukseskan Germas, ini demi kebaikan kita sendiri,” ujar dia.

Langkah kedepan yang harus ditindaklanjuti Pemda ungkap Bupati adalah menyusun regulasi mendukung Germas. Upaya merealisasikan Germas sebut dia, tidak hanya menyasar level ASN ataupun masyarakat level menengah keatas. “Kesadaran gerakan masyarakat hidup sehat ini adalah untuk semua kalangan. Intinya bagaimana kita mau menerapkan pola hidup sehat,” tutur dia.

Kadis Kesehatan Kab Sambas, I Ketut Sukarja mengungkapkan, sekarang ini sudah terjadi peralihan penyakit, dari yang dulu trendnya adalah penyakit infeksi, sekarang bergeser ke penyakit non infeksi. Hal itu ditengarai dia, akibat perubahan pola prilaku masyarakat. “Program Germas ini salah satu upaya nyata pemerintah pusat menyikapi perubahan itu,” jelas dia.

Harapan Kadis Kesehatan, dengan adanya gerakan ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan. Minimal kata dia masyarakat bisa menjaga kesehatan diri dan berprilaku hidup sehat. “Germas ini mengajak kita semua untuk meluangkan waktu menggelar aktifitas fisik, meskipun tidak harus berolahraga, bisa saja bekerja yang memang memerlukan aktifitas fisik seperti bertani, berkebun. Minimal kita berjalan kaki diareal rumah kita,” contoh dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 110 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: