www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Germas, Sehat Lahir Batin

E-mail Cetak PDF
lepas balon luncurkan germas di kab sambas
Mewujudkan masyarakat dan generasi kabupaten sambas hebat, berakhalakul karimah, menurut Bupati selain sehat secara lahir, diperlukan juga sehat secara batin. Saat menghadiri kegiatan Germas, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Sei Kelambu Kec Tebas beberapa waktu lalu, Atbah Romin Suhaili Lc membeberkan rahasia sehat Rasulullah Saw.

Dia menegaskan, Nabi Muhammad Saw sangat menjaga pola hidup sehatnya. Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat lanjut Bupati adalah bagian dari Ibadah. Dijelaskan dia, dengan menjaga kesehatan tubuh, berarti seorang hamba sangat bersyukur dengan nikmat dan karunia yang telah Allah Swt berikan kepadanya.

“Ajaran Agama telah memberikan pedoman yang baik terkait bagaimana kita menjaga pola hidup sehat kita,” ujar dia. Bupati percaya bahwa masyarakat kab sambas secara tidak langsung telah menyukseskan Germas. Karena menurut dia, banyak dari masyarakat kab sambas melakukan aktifitas fisik bahkan lebih dari 30 unit. Dicontohkan dia, aktifitas bertani atau berladang yang mayoritas adalah mata pencaharian penduduk kab sambas.

“Yang perlu kita galakkan lagi sekarang ini guna mendukung keberhasilan germas adalah cek kesehatan secara kontinyu, menjaga pola makan makanan yang sehat. Bagaimana menumbuhkan rasa atau kegemaran masyarakat mengkonsumsi buah, ini penting,” papar dia. Tidak kalah pentingnya menurut Bupati, yang dia kutip dari Hadist Rasulullah Saw berdasarkan riwayat Bukhori.

“Ketahuilah, sesungguhnya dalam jasad terdapat segumpal daging, apabila dia baik maka jasad tersebut akan menjadi baik, dan sebaliknya apabila dia buruk maka jasad tersebut akan menjadi buruk, Ketahuilah segumpal daging tersebut adalah “Qolbu” yaitu hati. Hadist Riwayat Bukhori,” ungkap Bupati. Hal itu terang dia sudah sangat jelas, bahwa hati seseorang perlu dijaga dari hal-hal yang dilarang agama.

Memahami mendalam hadis tersebut, Atbah menjelaskan hati sangat berperan dalam kehidupan jiwa manusia, karena hati yang bersih akan melahirkan jiwa yang bersih dan selalu taat serta tunduk terhadap titah dari Sang Ilahi Rabbi. Sebaliknya jelasnya, jiwa yang kotor disebabkan karena jiwa tersebut memiliki hati yang tidak baik dan selalu melanggar aturan yang telah digariskan oleh Allah SWT.

“Mari dengan gerakan masyarakat hidup sehat, kita hadirkan, kita ciptakan masyarakat dan generasi hebat kabupaten sambas yang unggul dan sejahtera, terlebih lagi berakhlakul karimah. Sehat lahir dan sehat batinnya, dengan berprilaku hidup sehat, dan menjauhi penyakit hati,” tegas dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 111 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: