www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Parpora Seleksi 41 Pemuda Terbaik

E-mail Cetak PDF

seleksi kepemudaan

Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga menggelar seleksi kepemudaan Kab Sambas. Dikemukakan Kepala Bidang Kepemudaan, Nizamudin, di Balairung Sari Pendopo Bupati Sambas, Selasa (4/4), ada 41 pemuda Kab Sambas yang diseleksi guna mengikuti beberapa kegiatan kepemudaan kab sambas tahun 2017. "41 Pemuda tersebut berasal dari beragam kalangan, ada pelajar maupun dari kalangan mahasiswa," ujar dia.

Di Tahun 2017 ini, lanjut dia, ada beberapa seleksi kepemudaan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kab Sambas. Diantaranya sebut Kabid, adalah Kapal Kepemudaan ASEAN - Jepang yang diikuti 2 orang pemudi atau puteri. "Untuk pertukaran pemuda antar negara ada 9 peserta yang kita seleksi, tujuan Korea Selatan 4 orang dan tujuan Kanada 5 orang peserta," ungkap dia.

Seleksi Kapal Pemuda Nusantara ulas Nizamudin diikuti 17 peserta, 14 peserta putera dan 3 peserta puteri. Sedangkan Jambore Pemuda Indonesia sebut Kabid Kepemudaan ini, diikuti 13 Peserta, 9 putera dan 4 puteri. "Mereka berasal dari beragam profesi, ada dari tenaga pendidikan, organisasi pemuda, mahasiswa aktif yang kuliah di Sambas dan diluar Kab Sambas. Bahkan tahun ini kita mendapatkan peserta dari Pemudi Sambas yang kuliah di Unimas Malaysia atas nama Lily Mufliyati," ungkap Nizam.

Rata-rata usia pemuda kab sambas yang mengikuti seleksi kepemudaan itu jelasnya berkisar 20 tahun hingga 30 tahun, dengan minimal lulusan SMA sederajat. Yang menyeleksi, terang pria yang akrab disapa Ning Nizam ini berasal dari beragam profesional yang diyakini mampu meningkatkan kualitas kepemudaan Kab Sambas. "Materi seleksi, tentunya telah kita persiapkan dengan sebaik-baiknya," tutur dia.

Kadis Parpora Kab Sambas, Drs H Asmani menegaskan, seleksi kepemudaan ini sangat penting dan strategis. Dia meminta, para peserta mampu menanamkan rasa disiplin mulai dari diri sendiri dan lingkungan terkecil. "Kita berharap dengan seleksi ini, menempatkan pemuda-pemudi kab sambas semakin berdaya saing positif dengan dunia luar, eksistensi pemuda kab sambas semakin konsisten," ujar dia.

Asmani menyebutkan Pemuda Kab Sambas sudah membuktikan bahwa jika didorong keinginan kuat, mampu berdaya saing dan tidak kalah dengan pemuda-pemuda lainnya. Diungkapkan Kadis, beberapa perwakilan Pemuda Kab Sambas pada ajang kepemudaan tingkat nasional sudah mampu berbicara lebih, diantaranya mampu menjadi empat terbaik pada bidang kepeloporan beberapa waktu lalu. "Yang kita perlukan sekarang ini, semangat ingin berbuat lebih dan meraih lebih, Jika ada kemauan, pasti ada jalan. Kita tahu, bagaimana sejarah mengatakan, eksistensi pemuda menjadi penggerak utama proklamasi dan pengisi kemerdekaan," ingat dia.

Harapan Asmani, seleksi tersebut benar-benar melahirkan karakter pemuda kab sambas yang berdaya saing atau kompetitif, unggul dan berakhlakul karimah. Minimal kata dia lagi, baik yang lolos tahap seleksi berikutnya maupun yang tidak, dapat menjadi agen perubahan bagi lingkungan terkecil, yakni keluarga masing-masing.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 84 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: