www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Gemarikan Sejak Dini, PKK Kunjungi Sekolah

E-mail Cetak PDF
Sosialisasikan GemarikanTim Penggerak PKK Kab Sambas menggelar sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ke Sekolah Dasar Negeri 1 Mentawa Sambas, Rabu (8/11). Ketua TP PKK Kab Sambas Hj Lusyanah Kosasih Atbah mengatakan diperlukan pemahaman sejak dini pentingnya mengonsumsi ikan. Kata dia, fakta secara nasional, angka konsumsi ikan masyarakat negara Indonesia masih jauh walaupun hanya dibandingkan dengan negara ASEAN. Hal tersebut sangat ironi dengan kondisi Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi kelautan yang besar.

“Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gemarikan sangat strategis dalam rangka mendorong masyarakat kita meningkatkan konsumsi ikan,” ujar dia. Dijelaskan Istri Bupati Sambas itu, ikan sebagai sumber protein sangat relevan untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Selain itu menurut dia, dampaknya bisa mengarah pada peningkatan kemandirian ekonomi berbasis pada kelautan dan perikanan.

“Gemar mengonsumsi ikan harus kita mulai sejak dini, dengan banyak mengonsumsi ikan, maka intelegensia anak-anak akan meningkat dan itu bagus untuk masa depan bangsa,” terang dia. Ketergantungan masyarakat selama ini terhadap daging sapi, juga seharusnya bisa dikurangi secara bertahap, solusinya terang Lusyanah Kosasih melalui gerakan makan ini. Kata dia, mengkonsumsi ikan, tidak mesti harus ikan yang mahal.

“Yang terpenting kita pandai memilih ikan yang segar, baik ikan air tawar maupun hasil laut. Yang terpenting, kita dorong agar kita gemar mengkonsumsi ikan,” tegasnya. Sosialisasi Gemarikan di SDN 1 Mentawa Sambas turut dihadiri Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo Sambas, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Perwakilan Kabag Kesra Setda Kab Sambas dan siswa perwakilan dari TK Negeri Pembina Sambas.

Kadis Kominfo Sambas, H Darsono mewakili Bupati Sambas mengungkapkan potensi laut Indonesia besar. Gemarikan lanjut dia memberikan banyak dampak positif bagi bangsa ini. “Semakin banyak mengonsumsi ikan, maka semakin banyak kandungan baik yang ada di dalam ikan bisa dinikmati oleh masyarakat. Jika itu terjadi, maka generasi bangsa Indonesia akan bertumbuh dengan sangat baik karena memiliki intelegensia yang mumpuni,” ujar dia.

Darsono menerangkan pelaksanaan program Gemarikan tidak hanya menjadi tugas dari unit kerja kelautan dan perikanan saja selaku instansi teknis yang membidangi kelautan dan perikanan. Menurut dia, ini semua menjadi tugas seluruh komponen institusi, lembaga, dan masyarakat dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas. “Butuh strategi, koordinasi, dan harmonisasi yang melibatkan seluruh komponen bangsa, salah satunya dengan pembentukan Forikan,” tutur dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 117 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: