www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Struktur perekonomian Kab Sambas

E-mail Cetak PDF

Struktur perekonomian Kab Sambas masih didominasi oleh 3 sektor utama yaitu sektor pertanian, sektor perdagangan, hotel dan restoran, dan  sektor Industri Pengolahan. Selama 5 tahun terakhir, peranan ketiganya terhadap PDRB Kab Sambas mencapai lebih dari 81,41 persen.   Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dominasi sektor pertanian masih terasa dalam pembentukan PDRB Kabupaten Sambas. Namun, jika dilihat dari kontribusinya terhadap perekonomian Kabupaten Sambas dari tahun ke tahun cenderung menurun. Pada tahun 2012 kontribusi sektor ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2011, yaitu dari 41,22 persen pada tahun 2011 menjadi 39,77 persen pada tahun 2012 atau turun sebesar 1,45 poin. Sektor pertanian yang memberikan sumbangan paling besar bagi pertumbuhan PDRB Kab Sambas dan selama kurun waktu  2008-2012 peranannya perlahan-lahan terus berkurang.


Sektor ekonomi berikutnya yang menjadi penggerak  perekonomian Kab Sambas setelah sektor pertanian adalah sektor perdagangan, hotel dan restoran. Sektor ini merupakan kegiatan penunjang kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang dan jasa. Secara keseluruhan sektoi ini menyumbang sebesar 30,37 bagi perekonomian Kab Sambas tahun 2012. Angka tersebut  terus mengalami kenaikan mulai dari tahun 2008. kenaikan tersebut terutama  didorong oleh menaiknya peranan sub sektor perdagangan besar dan eceran.

Kontribusi terbesar ketiga dalam  pembentukan PDRB Kab Sambas adalah sektor industri pengolahan. Peranan sektor ini terhadap  PDRB Kab Sambas tahun 2012 mencapai  11,27 persen. Jka dicermati pernannya selama lima tahun terakhir ini  terlihat adanya peningkatan peranan. Peningkatan tersebut terutama disebabkan  meningkatnya peranan industri non migas.


Sementara itu sektor  ekonomi yang masih memberikan kontribusi relatif kecil terutama  pertambangan dan galian; listrik gas dan air bersih. Kedua sektor tersebut pada tahun 2012 hanya memberikan kontribusi masing-masing sebesar  0,33 persen  dan  0,34 persen. Pada periode 2008 – 2012 sektor pertambangan & penggalian memberikan peranan yang terus bertambah sedangkan sektor listrik, gas dan air bersih kontribusinya tetap.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 37 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: