www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

APK Pendidikan

E-mail Cetak PDF

Angka Partisipasi Kasar (APK) pada semua jenjang pendidikan menunjukkan peningkatan, kecuali SD/MI. APK PAUD masih tergolong sangat rendah, baru mencapai angka 3,17%. APK SD/MI meskipun menurun namun capaiannya masih melebihi 100 persen. Tahun 2007, APK SD/MI sebesar 133,35% kemudian berkurang 8,8% menjadi 124,53% pada tahun 2010. Capaian APK SD/MI melebihi 100 persen dapat dimaknai meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan disertai sukses program Kejar Paket A.

APK SMP/MTs pada periode yang sama menunjukkan peningkatan. Capaian APK SMP/MTs tahun 2007 adalah 78,70% dan tiga tahun berikutnya bertambah sebesar 16,96% menjadi 95,66%. APK SMA/MA/SMK pada periode yang sama meningkat cukup besar (sekitar 30%) yakni dari 30,70% pada tahun 2007 menjadi 61,50% tahun 2010. Capaian APK di semua jenjang pendidikan sudah tergolong baik, dan ini mengindikasikan adanya pembangunan pendidikan yang semakin merata ke semua daerah.

Pembangunan pendidikan yang semakin merata juga tampak dari capaian Angka Partisipasi Murni (APM) yang meningkat setiap tahunnya dalam periode 2007-2010. Capaian APM SD/MI meningkat dari 96,01% (2007) menjadi 99,61% (2010). APM SMP/MTs meningkat dari 55,10% (2007) menjadi 81,95% (2010). Demikian juga capaian APM SMA/SMK/MA meningkat dari 21,94% tahun 2007 menjadi 45,47% tahun 2010. Meskipun meningkat, capaian ini masih tergolong rendah, khususnya pada jenjang SMA.

Paralel dengan peningkatan APK dan APM, angka putus sekolah (APS) semua jenjang pendidikan menunjukkan kecenderungan menurun. Tahun 2007, APS SD/MI menurun dari 1,08% (2007) menjadi 0,75% (2010). APS SMP/MTs berkurang dari 2,51% menjadi 1,51%. APS SMA/SMK/MA juga berkurang dari 2,51% menjadi 1,51%.

Angka kelulusan siswa pada jenjang pendidikan SD/MI relatif konstan setiap tahunnya dikisaran 99,0–99,9 persen. Angka kelulusan SMP/MTs menunjukkan penurunan dari 95,21% tahun 2007 menjadi 92,97% tahun 2010, sedangkan angka kelulusan SMA/SMK/MA mengalami peningkatan dari 95,0% menjadi 97,68% pada periode yang sama.

Pengajar di semua jenjang pendidikan, sebagian besar (65,0%) berpendidikan di bawah S-1 dan lebih banyak terdapat pada jenjang pendidikan SD/MI. Sedangkan yang berpendidikan S-1 baru mencapai 35,0%. Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pendidikan, telah diupayakan peningkatan kualitas pendidikan melalui pelaksanaan program kualifikasi dan sertifikasi guru sesuai dengan amanat Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Terkait dengan sertifikasi, dari 7.081 guru yang ada, ternyata hingga saat ini, yang bersertifikat baru sekitar 9 %.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 84 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: