Laporan Akhir Masterplan SPBE menjadi Blueprint TIK Sambas

Menyadari pentingnya peran Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik untuk mendukung semua sektor pembangunan di Kabupaten Sambas, Pemerintah Kabupaten Sambas khususnya Dinas Kominfo Kabupaten Sambas merasa perlu untuk terus berupaya mendorong setiap organisasi perangkat daerah, untuk dapat menerapkan SPBE secara bertahap dan berkesinambungan sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya masing masing. 

Dinas Kominfo Kabupaten Sambas sebagai dinas yang membidangi hal tersebut memiliki tanggungjawab untuk mewujudkan terbentuknya rencana induk SPBE tersebut dan dengan berkerjasama dengan Tim SPBE cerdas dari Poltesa Sambas, dilaksanakan laporan akhir rencana induk Kabupaten Sambas 2021 – 2025 yang digelar di aula bappeda Kabupaten Sambas, senin 13/12/2021.

Kepala Dinas  Komunkasi dan Informatika Kabupaten Sambas, Drs. H. Darsono, M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa rencana induk ini sudah disusun sejak tahun 2019 tetapi baru tahun ini dapat dilaksanakan karena kendala administrasi

“Wakil bupati memerintah dinas kominfo untuk mempercepat rencana induk ini karena SPBE atau e-government merupakan salah satu program unggulan kabupaten,” sambut kadis kominfo.

“Saya bersyukur sekali karena tim dari poltesa mau membantu kami dalam membentuk rencana induk SPBE ini, saya juga memohon kepada tim poltesa dan juga tim kominfo setelah ini menghadap pada bupati dan wakil bupati untuk dapat menjelaskan rencana induk ini agar mendapatkan hasil yang baik dan menjadi yang yang terunggul di tahun 2025” kata kadis.

Ketua tim SPBE cerdas poltesa sambas Urai Heri Mulyanto, S.T.,M.kom memaparkan bahwa laporan akhir ini memiliki tujuan utama diantaranya memberikan gambaran umum terkait dasar pengembangan tik dan spbe di kabupatan sambas dan berharap masterplan spbe kabupaten sambas ini dapat sinkron dengan rpjmd serta visi misi pemerintahan kabupaten sambas untuk mendukung sambas berkemajuan. 

” Laporan akhir ini kami susun menjadi beberapa tahap bagian yaitu visi TIK dan kerangaka pemikiran, kondisi dan kebutuhan TIK, kebijakan dan strategi, arsitektur TIK dan rencana pengembangan serta implementasi TIK” menurut Urai Heri

” Kami berharap pada tahun 2025 TIK Kabupaten Sambas masuk ketahap ke empat atau ke lima, “ sambung ketua tim SPBE Cerdas. 

Dengan penyusunan Masterplan SPBE ini diharapkan dapat memacu peningkatan pelaksanaan teknologi informasi dan komunikasi di Kabupaten Sambas sehingga Kabupaten Sambas bisa mengantisipasi pesatnya perkembangan TIK dan dapat mengejar ketertinggalan dari daerah lain.

Previous Maksimalkan Tugas dan Fungsi, Komisi III Silaturahim Ke 2 DPRD

Leave Your Comment

Jl. Pembangunan, Dalam Kaum,
Kec. Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat 79462
Jam Kerja:
Senin – Jumat, 07.00 – 15.00 WIB

Pemerintah Kabupaten Sambas © 2021. All Rights Reserved