Siapkan Formula Baru Maksimalkan Fungsi Legislasi

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas semakin menguatkan komitmen pelayanan legislasi mendukung akselerasi roda pemerintahan daerah Kabupaten Sambas. Salah satu upaya yang ditempuh DPRD Kabupaten Sambas dengan memperbanyak tambahan referensi baik, atas program kerja lembaga legislasi daerah lain yang memiliki kesesuaian untuk diterapkan di daerah. 

Ferdinan Syolihin, SE, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, memimpin rombongan Anggota DPRD Kabupaten Sambas, melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Bekasi, Kamis (16/12). Maksud dan tujuan kunker itu, dijelaskan Legislator PDI Perjuangan Kabupaten Sambas ini secara umum bagian dari memperkuat silaturahim dengan lembaga DPRD Kabupaten Bekasi. 

Rombongan Ferdinan, disambut langsung Kabag Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Bekasi, Titot Suherman. Anggota DPRD Kabupaten Sambas pada dialog bersama tuan rumah, memanfaatkan moment silaturahim itu dengan menggali beberapa informasi penting terkait keberhasilan Kabupaten Bekasi sebagai Daerah Kawasan Industri terbesar di Indonesia. 

“Kabupaten Bekasi sudah cukup terkenal di Indonesia. Silaturahim kami ke DPRD Kabupaten Bekasi ini, salah satu maksud dan tujuannya adalah guna menggali informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan di DPRD Kabupaten Bekasi. Diantaranya terkait sosialisasi Perda yang telah dimasukkan ke Lembaran Daerah,” ungkap Ferdinan. 

Predikat Daerah Industri terbesar di Indonesia, sebut Wakil Ketua DPRD, menjadi bahasan menarik antara DPRD Kabupaten Sambas dengan pihak DPRD Kabupaten Bekasi. Ivandri, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sambas mengemukakan pertanyaan berkaitan dengan management investasi. 

“Kita tertarik, bagaimana kiat-kiat Kabupaten Bekasi dalam melayani para investor agar betah berinvestasi di daerahnya. Mereka secara terbuka menginformasikan langkah-langkah strategis yang ditempuh Pemda agar para investor betah di Kabupaten Bekasi. Ini tentunya menjadi bahan penting kami, DPRD Kabupaten Sambas untuk menindaklanjutinya, dan kami komunikasikan dengan pihak pemda kita,” ujar Ivandri. 

Drs. Ramzi, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sambas, menggali informasi terkait ketenaga kerjaan. Dengan banyaknya industri di Bekasi, dan kondisi real dilapangan hasil pantauannya, Wakil Rakyat Fraksi PAN ini tertarik dengan kebijakan yang ditempuh pihak Pemda Bekasi menjadikan iklim industri tersebut berdampak positif bagi warga tempatan. 

“Cukup menarik, pihak setempat, mempunyai kebijakan bagaimana industri yang ada terutama dari investasi-investasi yang masuk, dapat melibatkan hingga 40 persen warga setempat agar terserap dalam lingkungan kerja. Sehingga jelas manfaat yang dirasakan warga Bekasi dengan banyaknya investasi di daerah mereka,” papar Drs Ramzi. 

Menurut dia, informasi yang diperoleh dari Kunker itu, ketegasan dan komitmen pemimpin daerah menjadi krusial dan dominan. Diungkapkan Ramzi, Pengawasan dilakukan langsung oleh Pemimpin Daerahnya dalam melayani sebaik munkin investasi yang masuk.  

“Pemdanya komitmen dalam memberikan kemudahan investasi. Pelayanan yang diberikan guna menarik investor mau berinvestasi diatur sedemikian rupa dengan treatment-treatment atau komitmen mempermudah layanan perizinan. Kemudahan itu, minimal terpromosikan dari mulut ke mulut, sehingga berdampak signifikan pada iklim investasi,” sebut pria yang akrab disapa Abah Ramzi. (zul)
Previous Arahan Presiden kepada Pemerintah Daerah Hadapi Varian Omicron

Leave Your Comment

Jl. Pembangunan, Dalam Kaum,
Kec. Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat 79462
Jam Kerja:
Senin – Jumat, 07.00 – 15.00 WIB

Pemerintah Kabupaten Sambas © 2021. All Rights Reserved