Peran Karang Taruna Memajukan Daerah

Peran serta pemuda menjadi tonggak penting dalam pembangunan suatu daerah ataupun bangsa. Sejarah telah membuktikan, begitu sentralnya peran pemuda baik dalam menyukseskan kemerdekaan dan pembangunan pasca proklamasi. 

Sejarah Sumpah Pemuda pada tahun 1928 silam, sebagai catatan penting eksistensi Pemuda sebagai tonggak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H. Abu Bakar, S.Pd. I saat menghadiri pelantikan bersama dan upgrading penguru karang taruna se Kecamatan Teluk Keramat, Tangaran dan Galing di sekura beberapa waktu lalu mengatakan Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang beranggotakan para pemuda desa juga sangat dibutuhkan perannya dalam pembangunan desa khususnya dibidang sosial. 

“Apalagi Karang Taruna sudah diakui keberadaannya dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, kita harapkan karang taruna dapat merangkul pemuda-pemudi untuk turut berkarya membangun daerah,” ujar Ketua DPRD. 

Lerry Kurniawan Figo, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas pada moment yang sama menegaskan Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan mempunyai peran sangat penting dalam masyarakat. Kata dia, Karang Taruna adalah pilar kekuatan di dalam pembangunan desa dan daerah. 

“Karang taruna bisa berperan aktif dan menjembatani kebutuhan masyarakat di bidang sosial. Rangkul para pemuda-pemudi untuk memberikan kepedulian pada kondisi sekitar. Masih banyak yang bisa dilakukan karang taruna mendorong potensi-potensi yang dimiliki desa dan berkarya lebih baik,” tutur legislator Partai Nasional Demokrat DPRD Kabupaten Sambas ini. 

H. Ano, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sambas, turut mendampingi Ketua DPRD dan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas pada pelantikan Pengurus Bersama Karang Taruna di Sekura meminta, pengurus Karang Taruna serius dalam berkarya memajukan karang taruna dan desa. Dikemukakan dia, pemuda-pemudi yang tergabung dalam pengurus karang taruna adalah teladan baik bagi anggota masyarakat lainnya.  

“Karang Taruna harus ikut berperan aktif dalam memajukan desa. Jalin komunikasi, sinergitas dengan pemerintah desa, kabupaten, provinsi bahkan dengan pemerintah pusat. Hadirkan ide-ide cemerlang memajukan desa. Yang terpenting, para pengurus karang taruna adalah teladan baik bagi semua, harus mencontohkan yang baik-baik, dan bentuklah karakter yang baik,” ingat H. Ano, Legislator Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Sambas. (zul)
Previous Penempatan Profesional Percepat Pembangunan

Leave Your Comment

Jl. Pembangunan, Dalam Kaum,
Kec. Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat 79462
Jam Kerja:
Senin – Jumat, 07.00 – 15.00 WIB

Pemerintah Kabupaten Sambas © 2021. All Rights Reserved