www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Puasa, Momentum Bangun Kekuatan Rohani

E-mail Cetak PDF

Wakil Bupati Sambas, DR Pabali Musa MAG mengatakan, puasa ramadhan sebagai momentum membangun kekuatan rohani umat. Hal itu dikatakan dia pada saat menggelar safari ramadhan di Masjid Ad-Darussalam Sebangun Sebawi B, Jum’at (5/8).

“Setiap tahun, umat muslim diwajibkan berpuasa ramadhan, salah satu maknanya adalah agar kita umat muslim kuat, kuat secara rohaniah, terutama terhadap semua godaan,” ujar dia.

Kondisi umat sekarang ini menurut dia lebih dominan kuat secara lahiriah. Salah satu bukti yang dicontohkan dia dengan pesatnya kemajuan pembangunan dan teknologi. Tetapi terang Pabali Musa, untuk urusan rohaniah, generasi sekarang rapuh. “Tantangan yang dihadapi generasi lalu tidak seperti generasi sekarang, dulu musuh nyatanya adalah penjajah, dan Alhamdulillah, berkat kehendak Yang Maha Kuasa para pahlawan, orang tua kita terdahulu bisa mengatasinya. Tetapi sekarang, kita dihadapkan pada musuh seperti narkotika, hal itu tidak mampu kita mengatasinya, bahkan cenderung menjadi kawan bagi generasi sekarang,” tutur dia.

Masih dijelaskan Pabali Musa, para pahlawan melalui lagu Indonesia Raya telah mengisyaratkan agar umat membentengi diri dengan kekuatan rohaniah. Ini terdapat pada lirik Bangunlah Jiwanya. “Inilah saat yang tepat, ramadhan, untuk melatih kita membangun kekuatan rohaniah kita. Kita dekatkan diri kita dengan Sang Pencipta kita, agar kita benar-benar dapat mengenal diri kita,” imbuh dia.

Dijelaskannya, ada empat hal yang bisa menumbuhkan kekuatan rohaniah. Pertama yakni keimanan kepada Tuhan, kedua cinta kepada Tuhan, Ketiga rasa takut dan keempat Tawakal atau berserah diri. “Jika kita sudah cinta, kekuatan itu akan tumbuh sendiri didalam diri kita, termasuk rasa takut. Contohnya, jika dalam keadaan terjepit, misalnya lagi dikejar anjing, parit yang lebarnya dua meter munkin akan bisa kita lompati untuk menghindari kejaran anjing tersebut. Tentunya ini dapat kita capai dengan memanfaatkan sebaik-baiknya bulan ramadhan ini,” ungkap dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 109 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: