www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Halal Bihalal MABM dan BKMT

E-mail Cetak PDF

Bupati dan Wakil Bupati Sambas menghadiri kegiatan halal bihalal Majelis Adat Budaya Melayu dan Badan Kontak Majlis Taklim se-Kab Sambas. Halal Bihalal digelar secara sederhana di Balairung Sari.

Pelaksanaan kegiatan halal bihalal bersama pengurus BKMT se-Kab Sambas digelar sehari lebih awal dibanding MABM. Halal Bihalal BKMT diadakan pada Minggu (18/9), sedangkan MABM pada Senin (19/9).

Wabup, DR Pabali Musa Mag didaulat sebagai pengisi Tausyah pada kedua halal bihalal tersebut. Dalam ceramahnya, dia menjelaskan beberapa hal berkaitan pelaksanaan halal bihalal. “Idul fitri diartikan sebagai kembali kefitrah, setelah sebulan penuh kita melaksanakan puasa ramadhan sebagai bulan pembelajaran dan peningkatan iman dan taqwa. Halal bihalal hanya ada di kita, Indonesia, sebagai momentum saling maaf bermaafan, ditinjau dari segi kebiasaan merupakan hal yang baik,” ujar Pabali Musa.

Makna yang tersirat dari halal bihalal terang Wabup ada empat hal. Pertama, dengan berhalal bihalal diharapkan dapat menguraikan sesuatu yang kusut. “Munkin selama pergaulan ada sesuatu yang membuat kusut suatu hubungan, melalui momentum idul fitri dan halal bihalal ini, dapat mengembalikan keharmonisan hubungan itu lagi,” tutur dia.

Makna lain dijelaskan dia yakni mencairkan sesuatu yang beku, menjernihkan sesuatu yang keruh dan menghilangkan sesuatu yang membelenggu. Diharapkan dia, dengan berhalal bihalal mengembalikan hubungan yang awalnya terjadi perselisihan, menjadi membaik.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 55 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: