www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Hidupkan Sholat Berjamaah Dimasjid

E-mail Cetak PDF
taushiahPeringatan Isra Miraj di Masjid Al Muhtadin Dusun Pauh Desa Merpati, Kamis Malam (4/4), Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc mengajak ummat muslim menghidupkan sholat berjamaah di masjid. Kata dia, isra miraj 1440 Hijriah adalah moment yang baik untuk mewujudkan itu.
“Sholat berjamaah dimasjid memiliki banyak keutamaan, dibanding sholat sendiri di rumah. Ganjaran pahala berjamaah dimasjid adalah 27 kali lipat pahalanya dibanding di rumah,” ujar dia. Keutamaan berjamaah dimasjid, sebut dia, lebih menjamin kesempurnaan amalan ibadah. Ketidaksempurnaan beribadah, ketika berjamaah lanjut Bupati, akan saling ditutupi sesama jamaah sholat.

“Sholat sendiri dirumah hanya dapat satu kebaikan pahala, itupun jika dapat, bisa jadi hanya setengah atau tidak. Tetapi jika berjamaah, kekurangan kita insyaAllah ditutupi dari kesempurnaan jamaah yang lain. Sholat kita lebih khusuq, lebih semangat karena dikerjakan di awal waktu dan berjamaah,” ingat dia.

Dengan berjamaah, jelas Atbah, semakin mempererat silaturahim dan ukhuwah ummat. Dipaparkan bupati dihadapan jamaah masjid Al Muhtadin Pauh Merpati Tangaran, isra miraj adalah perjalanan Rasulullah diwaktu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan lanjut menuju Sidratul Muntaha langit yang paling tinggi.

“Ini adalah perjalanan yang istimewa, sekaligus menguji keimanan para shahabat Rasul yang dulunya telah memeluk islam. Bagi mereka yang baik imannya, mereka mempercayai isra miraj itu, dan banyak juga shahabat yang kembali kafir atas kejadian ini. Mereka sulit menerima logika perjalanan Rasul hanya seperempat malam bisa menuju masjidil Aqsa, apalagi menuju langit Allah. Ini bukanlah hal yang mustahil, karena Allah yang telah memperjalankan Rasul,” paparnya.

Isra miraj kata Bupati adalah moment penting bagi ummat muslim. Itu diterangkan dia karena perjalanan Rasul itu tidak sia-sia. “Allah memperjalankan Rasul Kita, untuk memberikan perintah langsung sholat. Karenanya sholat adalah amalan yang penting. Amalan lain tidak kalah pentingnya, hanya saja, sholat langsung diterima Rasulullah dari Allah Subhanahu Wa Ta Ala. Amalan lain, tidak langsung, melainkan melalui Wahyu Allah,” tuturnya.

Perintah Sholat sebut dia disampaikan Allah di langit Sidratul muntaha, langit ini, malaikat pun tidak bisa naik. Tetapi Rasulullah diundang langsung hanya untuk perintah sholat. Sehingga dakwah Bupati, dalam kondisi apapun kita tetap harus sholat. “Dalam hidup sebagai muslim, sholat harus jadi hal yang paling penting. Karena ibadah yang pertama kali dilihat, diperiksa, diaudit adalah sholat. Jika sholat kita bagus, sempurna, lengkap, betul, maka amalan lain semuanya dinilai bagus. Tapi sebaliknya, jika ada masalah dengan sholat kita, yang lain diyakini juga bermasalah,” ungkap Bupati.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 70 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: