www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Manajemen Masjid Peduli Sesama

E-mail Cetak PDF
serah sertifikatBupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, mengajak seluruh pengurus masjid melakukan tata kelola masjid modern. Saat menghadiri penilaian manajemen masjid dan mushalla paripurna oleh Bupati Sambas, penyerahan ID dan NIM Masjid Mushalla, dan Sertifikat Tanah Wakaf di Masjid Ruhul Islam Desa Tengguli Kec Sajad, Jumat (5/4), ada penegasan menarik Bupati terkait bagaimana sebaiknya manajemen masjid yang baik.
“Sangat penting untuk pengurus masjid bisa menghadirkan jamaah yang banyak untuk melakukan amalan ibadah di masjid. Kedepannya, tidak hanya sampai pada peranan itu keberadaan manajemen masjid. Tetapi bagaimana masjid memiliki manajemen atau tata kelola yang memiliki banyak kepedulian,” ujar Atbah Romin Suhaili Lc.

Dijelaskan Bupati, harus ada peningkatan pada pengaturan masjid secara baik, termasuk menghadirkan jamaah sholat yang banyak. Dia berharap, kejayaan islam turut hadir di kab sambas. “Bagaimana pengurus-pengurus masjid bisa menghadirkan jamaah sholat subuh lebih banyak dari pada jamaah sholat jumat. Jika itu bisa kita wujudkan, insyaAllah keberkahan akan kita raih dari Allah Subhanahu Wa Ta Ala,” tuturnya.

Kata dia, selama ini, masjid baru ramai ketika sholat jumat atau ibadah hari raya idul fitri dan hari raya kurban. Kedepannya, menjadi tugas bersama bagaimana di masjid di waktu sholat lainnya juga ramai oleh ummat. “Non islam akan salut manakala jamaah sholat shubuh lebih banyak dari sholat jumat. Selama ini hanya solat jumat dan hari raya saja yang ramai, sekarang kita balik, bagaimana sholat subuh dan sholat fardu lainnya, jamaah lebih ramai dibanding jumatan. Mau setiap sholat, masjid selalu penuh,” tegas dia.

Selain itu, pinta dia, masjid bisa berfungsi untuk aspek social lainnya. Katanya, bagaimana manajemen atau tata kelola masjid memiliki fungsi melayani masyarakat. “Kita bisa semakin pandai dan cerdas dalam mengelola masjid. Bagaimana masjid tidak sebatas hanya untuk sholat, tetapi kita hidupkan fungsi sosialnya. Seperti melayani orang sakit, orang miskin, kurang mampu. Hadirnya masjid bisa melayani dan memberi perhatian pada tetangga-tetangga masjid,” imbuhnya.

Dicontohkan Bupati, di Yogyakarta, masjid selalu dikunjungi masyarakat. Dijelaskan dia, karena masjid selalu membantu masyarakat, tidak hanya saat ada musibah meninggal dunia, tapi dalam segala hal. “Masjid hadir dalam segala moment, masjid membantu dalam segala musibah hingga hajatan warga, masjid hadir membantu. Ini membuat masyarakat, ummat mencintai masjid,” sebut dia.

Kehadiran Bupati Sambas, di masjid Ruhul Islam Tengguli Sajad, sekaligus menyerahkan Sertifikat tanah wakaf sebanyak 12 Sertifikat yang didukung BPN Sambas, NIM masjid Sebanyak 10 Masjid dan ID Surau sebanyak 15 Surau atau Mushalla, dukungan dari Kantor Kemenag Sambas.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 61 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: