www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Apresiasi Jasa Besar Guru Ngaji Hingga Penjaga Kubur

E-mail Cetak PDF
bersama guru ngajiPemerintah Kabupaten Sambas memiliki perhatian serius terhadap keberadaan tempat ibadah, pengurus jenazah, penjaga kubur, amil, bidan kampung serta guru ngaji. Sejumlah kegiatan dalam rangka pembinaan hingga bantuan sudah dilaksanakan.
Hal ini dilaksanakan sebagai kepedulian Pemerintah Kabupaten Sambas terhadap jasa besar dari pengurus jenazah, penjaga kubur, lebai, serta guru ngaji. Kemudian bantuan perbaikan masjid atau tempat ibadah lain, menjadi salah satu bagian upaya Pemkab Sambas memperhatikan bidang keagamaan.

H Atbah Romin Suhaili Lc MH – Hj Hairiah SH MH sejak dilantik menjadi Bupati dan wakil Bupati Sambas, memberikan perhatian kepada masyarakat yang berprofesi sebagai Amil, Guru Mengaji, serta Bidan Kampung, pengurus jenazah, penggali kubur. “Di 2017, program perhatian sudah sudah diberikan, termasuk pelatihan. Kemudian guru ngaji juga sudah, dimana ada program satu kampung minimal satu guru ngaji. Termasuk kepada bidan kampung,” kata Bupati Sambas.

Kenapa ada pemikiran untuk memberikan insentif kepada guru ngaji. Diakui Bupati Sambas, lantaran guru ngaji adalah guru yang paling mulia. “Seperti kata Nabi, sebaik-baiknya kalian adalah yang mengajar ngaji, orang paling hebat luar bisa, makanya ini penghargaan. Meski seadanya, tapi orang beruntunglah para guru ngaji, saya sendiri juga masih guru ngaji,” kata Bupati Sambas.

Bahkan, ketika dirinya bertemu dengan Gubernur, bupati atau walikota dari daerah lain. Ketika ditanya sebelum menjadi Bupati Sambas, apa pekerjaan dirinya. “Saya dengan pede menjawab saya adalah guru ngaji. Saat saya bertemu dan ditanya bupati, gubernur dari daerah lain, ditanya sebelum jadi bupati apa pekerjaan saya, saya jawab saya guru ngaji, termasuk ketika ditanya orang luar negeri, juga saya jawab saya guru ngaji,” katanya.

Sehingga sebagai guru ngaji, jangan minder ketika berhadapan dan ditanya orang mengenai pekerjaan. “Jadi dari pengalaman saya, kepada bapak atau ibu yang menjadi guru ngaji di kampungnya, harus menyadari jika guru ngaji adalah profesi mulia, jangan minder,” katanya. Bupati juga meminta kepada para guru ngaji di Kabupaten Sambas. Ajari anak-anak di tempatnya masing-masing dengan serius. Ajari mereka juga tentang hal-hal yang dilarang oleh agama. “Tolong ajari anak-anak kita dengan serius, didik mereka dengan baik, akhlak mereka. Sampaikan untuk tidak keluar malam, jangan suka begadang malam yang tujuannya tidak jelas. Ajaklah sebanyak-banyaknya anak-anak belajar ngaji, supaya akhlak bagus,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga sampaikan permohonan maaf. Jika insentif yang diberikan Pemkab Sambas seadanya. “Saya memohon maaf, kalau besaran uang yang diberikan Pemkab Sambas seadanya, dan saya yakin jumlah tersebut tak sebanding dengan jasa dan kehebatan sebagai seorang guru ngaji,” katanya.

Program yang merupakan janji yang sudah ditunaikan tersebut. Menjadi salah satu upaya menyentuh kepada pihak-pihak yang belum tersentuh. “Apa yang yang sudah diberikan kepada mereka, merupakan sentuhan kepada yang belum pernah tersentuh. Jangan dilihat berapa jumlahnya, karena tak akan sebanding (jumlah bantuan yang diberikan) dengan jasa-jasa para pengurus jenazah, penggali makam dan guru ngaji yang sangat besar. “Sebagai seorang kepala daerah bantuan yang diberikan jumlahnya tidak seberapa jika dibandingkan dengan jasa yang diberikan untuk melayani masyarakat,” katanya.

Begitu juga perhatian Pemkab Sambas terhadap perbaikan atau renovasi masjid. Program ini sudah dilaksanakan hampir menyeluruh ke setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas. Program tersebut, sudah dilaksanakan sejak 2017, hingga saat ini. Tak hanya itu, melalui program lain. Bupati Sambas mengajak investor atau dermawan dari Uni Emirat Arab untuk membangun sejumlah masjid di beberapa kecamatan di Kabupaten Sambas. Bahkan, sebelum menjabat sebagai Bupati Sambas, pembangunan masjid atau tempat ibadah sudah dilakukan Atbah Romin Suhaili.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 23 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: