Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji serta gelar pasukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Sambas, bertempat di Gedung Serbaguna Desa Lumbang, Kecamatan Sambas, Selasa 24 Januari 2023.

Sekitar 600 anggota PPS dilantik secara langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Sambas Sudarmi. Pelantikan Anggota PPS se Kabupaten Sambas dihadiri oleh Bupati Sambas Satono, Kapolres Sambas AKBP Sugiyatmo, Wakil Ketua DPRD Sambas Ferdinan Syolihin, Perwakilan Kodim 1208 Sambas, Kejari Sambas, Kepala OPD Pemda Sambas, Ketua KPU Sambas, dan Ketua Bawaslu Sambas.

Bupati Sambas Satono mengucapkan selamat kepada para Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah dilantik, dan diharapkan dapat mengemban amanah sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. 

“Saya ucapkan selamat, tahniah telah dipercayakan, diamanahkan sebagai petugas PPS di Desa masing-masing. Lakukan tugas sebaik mungkin sesuai tupoksi yang gariskan, sesuaikan peraturan perundangan yang berlaku”,ucapnya.

Bupati Sambas Satono mengatakan anggota PPS Kabupaten Sambas yang dilantik akan bertugas untuk membantu proses penyelenggaraan pemilu 2024.

"PPS Kabupaten Sambas akan melakukan tugas penyelenggaran Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Sambas. Mulai dari pileg, pemilihan DPD, Pilgub, Pilkada, dan Pilpres," katanya.

Bupati meminta agar PPS membangun sinergitas dan koordinasi antar perangkat pemilihan umum. Serta memberikan pemahaman dan persepsi agar selaras dalam setiap agenda.

“Hubungan kerja secara eksternal perlu kiranya menjadi atensi untuk dilakukan. Oleh sebab itu hubungan pemerintah Desa, Panitia Kecamatan dan stakeholder menjadi bagian yang tidak dipisahkan,”ujarnya.

Bupati Satono berpesan Kepada para PPS yang telah dilantik untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, karena ini menyangkut masa depan Indonesia, dan Kabupaten Sambas pada khususnya menjadi yang lebih baik.

“Pesan saya laksanakan tugas dengan sebaik mungkin sesuai dengan mekanisme, peraturan perundang-undangan yang telah diamanahkan, lakukan dengan seadil-adilnya. Ini pemilu menyangkut masa depan negeri kita, daerah kita yang lebih baik”, tutup Satono.