Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, S.IP.,MH.Sc bersilaturahmi bersama petani muda millennial di desa Trigadu Kecamatan Galing sekaligus meninjau lokasi Holtikultura Cabek dan terong, Selasa 21 Maret 2023.

Wakil Bupati Fahrur Rofi mengatakan kedatangannya untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi bersama para petani muda millennial di Desa Trigadu. Rofi menambahkan bahwa kondisi ekonomi dari sektor pertanian mengalami penurunan sehingga ini menjadi permasalah yang harus kita selesaikan bersama.

“Jadi tema dari kunjungan saya kali ini adalah untuk bersilaturahmi bersama petani millennial di Desa Trigadu. Laporan terakhir dari BPS tentang kondisi ekonomi makro Kabupaten Sambas memang mengalami kenaikan, tetapi masyarakat yang berusaha sebagai petani mengalami penurunan perekonomian sehingga rentang pengangguran makin banyak. Ini merupakan pekerjaan rumah yang luar biasa bagi kita dan harus kita benahi”, jelasnya.  

Lebih jauh Rofi menambahkan bahwa fokus kita pada saat ini adalah menaikkan potensi perekonomian pertanian di Kabupaten Sambas. Rofi meminta kepada para anak muda untuk mau terjun ke sektor  pertanian, selain menjanjikan dari segi perekonomian juga bisa menurunkan rentang pengangguran di Kabupaten Sambas.

“Jadi hari ini fokus kita bagaimana menaikkan potensi perekonomian pertanian kita. Coba kita dorong petani muda Kabupaten Sambas dengan harapan pertama mempunyai regenerasi pertanian dan menurunkan rentang pengangguran di Kabupaten Sambas. Pada tahun 2030 Kabupaten sambas mengalami bonus demografi kedua, sehingga nantinya Kabupaten Sambas akan dihuni oleh kalangan muda, petani muda yang kereatif sangan diperlukan saat ini”,ujarnya.

Rofi mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Sambas telah memiliki 400 petani muda millennial, namun Rofi menegaskan bahwa itu belum cukup, Kabupaten Sambas harus mampu memiliki lebih banya lagi petani muda millennial kedepannya dalam menghadapi krisis pangan global saat ini.   

“Alhamdulillah hari ini kita sudah memiliki 400 petani millennial berpenghasilan tetap dan mandiri di Kabupaten Sambas, tapi itu belum cukup. Kabupaten Sambas harus bisa memiliki lebih banyak petani millennial kedepannya. Harapan saya dengan pertemuan kita pada hari ini dapat menjadi pemicu bagi para anak muda di Desa Trigadu ini”tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sambas bersama para petani dan masyarakat memantau secara langsung tanaman Holtikultura Cabek dan terong di Desa Trigadu.

Dalam kunjungan terebut  Wakil Bupati Sambas juga menyerahkan bantuan Kursi Roda untuk Waida, warga Dusun Parit Kongsi, Desa Teluk Pandan yang menderita cacat dari lahir. Kursi roda yang diberikan Wakil Bupati Sambas tersebut merupakan bantuan dari Marwah Madani Foundation.

“Kita turun langsung memantau kondisi Waida warga Dusun Parit Kongsi, Desa Teluk Pandan, Kecamatan Galing. Sekaligus menyerahkan bantuan kursi roda dari Marwah Madani Foundation,” ujar Wabup Rofi.

Selain menyerahkan bantuan kursi roda, Wabup juga menyerahkan bantuan Sembako dari Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sambas.