Bupati Sambas Satono membuka Kegiatan Sekolah Lapangan Tematik Organik dan Kelas Poktan kelompok tani Desa Pangkalan Bemban, Kecamatan Selakau, Selasa 23 Mei 2023.

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Kepala Satpol PP Kabupaten Sambas, sekretaris dinas PUPR, Camat Selakau beserta forkopimcam, Para penyuluh pertanian dan Kelompok tani Desa Pangkalan Bemban.

Kepala Desa Pangkalan Bemban mengucapkan rasa bahagianya karena Bupati Sambas bisa menghadiri acara tersebut. Ia menyebutkan bahwasanya kedatangan orang nomor 1 di Kabupaten Sambas tersebut begitu dinantikan oleh masyarakat Desa Pangkalan Bemban.

Dalam kesempatan yang sama Camat Selakau Alfiandra juga mengatakan bahwa masyarakat Pangkalan Bemban begitu antusias dengan kehadiran  Bupati Sambas di kampung mereka.

Alfiandra menambahkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Sambas dalam menjaga ketahanan pangan.

Ia mengharapkan kegiatan ini bisa berdampak dan memotivasi para petani yang ada di Desa Pangkalan Bemban untuk meningkatkan hasil pertaniannya.

“Tentunya kegiatan ini bukan hanya seremonial, tetapi berdampak terhadap pertanian masyarakat di Desa Pangkalan Bemban”, tutupnya.

Bupati Sambas Satono mengawali sambutannya mengucapkan rasa bahagianya bisa berkumpul bersama masyarakat Pangkalan Bemban.

“Saya bahagia dan bangga hari ini bisa bersilaturahmi bersama masyarakat Desa Pangkalan Bemban. Saya sebelum menjabat sebagai Bupati Sambas juga sering berkunjung ke Desa ini”, katanya.

Bupati Satono juga memberikan apresiasinya terhadap kelompok tani Di Desa Pangkalan Bemban karena sebagian besar anggotanya adalah kaum perempuan.

“Saya makasih banyak kepada kelompok tani di Desa Pangkalan Bembang. Saya juga bahagia karena PKK di Kecamatan sangat aktif memberikan bimbingan di Desa-desa yang ada di Kecamatan Selakau, Ini bagian dari membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas”, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Orang nomor satu di Kabupaten Sambas itu mengajak masyarakat untuk menanam sayur dan buah yang selalu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dengan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah masing-masing.

Mengenai pembangunan jalan di Desa Pangkalan Bemban Bupati Satono mengatakan sudah menganggarkan Rp. 1 Milyar dan akan mulai dikerjakan bulan depan. Serta Bupati Satono menjanjikan akan menganggarkan Rp. 1 Milyar untuk tahun mendatang.

“Insya Allah tahun ini sudah dianggarkan untuk pembangunan jalan di Desa Pangkalan Bemban dan akan mulai dikerjakan bulan depan.

Namun anggaran Rp.1 milyar tersebut tidak mencukupi semua jalan, maka tahun depan akan dianggarkan kembali sebanyak Rp.1 Milyar”, jelasnya.

Diakhir sambutannya Bupati Satono mengatakan akan memberikan bantuan kepada tiga kelompok tani di Desa Pangakalan Bemban.

Diakhir kegiatan Bupati Sambas Satono menyerahkan secara simbolis program ketahanan Pangan kepada Kelompok Tani Desa Pangkalan Bemban, Kecamatan Selakau.

Dalam nuansa yang penuh keakraban tersebut Bupati Satono menyempatkan diri untuk bercengkrama bersama masyarakat Desa Pangkalan Bemban dan mengabadikan momen mereka dengan foto bersama.