www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

380 Koperasi & 16.668 UMKM

E-mail Cetak PDF
Data Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kab Sambas, ada 380 Koperasi dan 16.668 pelaku UMKM. Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc saat diwawancara Tim Lembaga Pengelola Dana Bergulir Kementerian Koperasi RI di rumah dinas bupati sambas, mengatakan, jumlah pelaku UMKM dan Koperasi tersebut diatas, tersebar di 19 Kecamatan.
Dengan jumlah tersebut, menurut Bupati, adalah potensi besar pengembangan sektor ekonomi kerakyatan. "Potensi ini insyaAllah kita berdayakan. Kita jadikan penggerak untuk tanggulangi kemiskinan dan pengangguran," ujar Bupati.

Sektor UMKM ingat Atbah telah terbukti menghadapi kondisi krisis ekonomi global. Sebut dia, sektor ini memberikan kontribusi menggerakkan roda perekonomian nasional. "SDM & Sumber Daya Alam kita besar. Banyak dan beragam produk unggulan yang bisa menjadi perhatian bersama untuk dikembangkan dan menjadi komoditi bisnis. Pak Gubernur pada musrenbang mengarahkan untuk membangkitkan lagi sektor pertanian perkebunan. Ini harus menjadi peluang bagi pelaku UMKM," jelas dia.

Pemda ungkap Bupati memiliki komitmen membantu sektor UMKM maupun Koperasi. Itu dijelaskan dia sejalan dengan visi misi pembangunan kab sambas yang tercantum dalam RPJMD 2016-2021. "Komitmen daerah sesuai RPJMD kita diantaranya pengembangan ekonomi kerakyatan bersinergis antara pemerintah, swasta dan masyarakat. Ini kita programkan untuk mendorong percepatan pembangunan disegala sektor. Sektor Koperasi dan UMKM merupakan prioritas untuk dikembangkan," tutur dia.

Permodalan bagian penting perkembangan KUMKM, Pemda lanjut dia menyiasatinya dengan mengembangkan pola kemitraan antara koperasi dengan perusahaan swasta. Selain itu, Pemda sebutnya memfasilitasi kerjasama dengan BUMN dalam pengembangan KUMKM melalui dana CSR dan program Kemitraan Bina Lingkungan maupun Program KUR. "Kita berupaya menggali dan memgembangkan daya kreasi dan inovasi KUMKM agar menjadi pelaku ekonomi yang mandiri termasuk dalam pengembangan permodalannya," imbuh Bupati.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 267 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: