www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Hari Berkabung Daerah, Himbau Pasang Bendera Setengah Tiang

E-mail Cetak PDF
Gubernur Kalbar menginstruksikan masyarakat kalimantan barat peduli hari berkabung daerah yang jatuh pada tanggal 28 Juni. Penetapan hari berkabung daerah sesuai Instruksi Gubernur Kalimantan Barat Nomor 1 Tahun 2005 dan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2007 ditambah Peraturan Gubernur Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pedoman Tata Upacara Hari Berkabung Daerah dan Surat Edaran Gubernur Kalbar Nomor 460/1876/DS/VI/2017 tanggal 13 Juni 2017 tentang Hari Berkabung Daerah.

Sekretaris Daerah Kab Sambas, Drs H Uray Tajudin Msi melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab Sambas, H Arlizen AB menjelaskan, Pemda Kab Sambas telah menindaklanjuti instruksi Gubernur Kalbar tersebut. Dikatakan dia Pemda Kab Sambas telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Sambas Nomor 460/390/Tapem-A tanggal 21 Juni 2017 tentang Hari Berkabung Daerah. "Edaran dimaksud guna menghimbau Dinas Badan Kantor Camat, instansi vertikal, TNI Polri, BUMN, BUMD, pihak swasta serta seluruh masyarakat Kabupaten Sambas mengibarkan bendera merah putih setengah tiang pada hari Rabu tanggal 28 Juni 2017 nanti dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore," ujar dia.

Diingatkan Mantan Camat Paloh ini, bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah bangsanya. Artinya dia meminta masyarakat Kab Sambas semangat dan serentak mengindahkan himbauan pemasangan bendera merah putih setengah tiang. "Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas mengharapkan partisipasi dan perhatian serius seluruh masyarakat kabupaten sambas untuk mengindahkan himbauan ini," tuturnya.

Dijelaskan Arlizen, masyarakat kalbar dan kabupaten sambas secara khusus patut bersyukur, karena sekarang ini tinggal menikmati hasil perjuangan para pahlawan termasuk pahlawan yang gugur pada moment peringatan hari berkabung daerah yaitu peristiwa mandor berdarah. Jika dibandingkan dengan pengorbanan jiwa dan darah yang gugur pada peristiwa dimaksud, lanjut dia, memasang bendera bukanlah hal setara dengan pengorbanan dimaksud.

"Jadi, mari kita sama-sama peringati hari berkabung daerah ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah swt, kita diberi sesi kehidupan yang lebih baik jika dibandingkan pada zaman peristiwa tersebut, sebagai bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan mandor berdarah, sama-sama semua kita pasang bendera pada hari yang telah ditentukan diatas," papar dia.

Dia mengharapkan para camat dan kades menghimbau warganya masing-masing untuk memperingati hari dimaksud dengna memasang bendera setengah tiang. Ingin dia, himbauan peringatan hari bersejarah kalimantan barat ini diindahkan seluruh masyarakat termasuk di Kabupaten Sambas.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 100 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: