www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Bupati Serahkan 9 DPA

E-mail Cetak PDF
serahkan DPA 2018Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2018 untuk 9 Organisasi Perangkat Daerah. Dua diantaranya untuk Kantor Camat. Seremonial penyerahan digelar di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Jumat (5/1). Bupati didampingi Wakil Bupati Sambas, Sekda Kab Sambas dan Kepala Badan Keuangan Daerah.

9 DPA yang diserahkan diantaranya untuk Sekretariat Daerah Kab Sambas, Bappeda, Badan Keuangan Daerah, Inspektorat Kabupaten, Dinas Kominfo, Kantor Kesbangpol Linmas, Sekretariat DPRD, Kantor Camat Selakau Timur dan Kantor Camat Tekarang. Dijelaskan Sekda, Drs H Uray Tajudin MSI, 9 DPA yang telah diserahkan tersebut dikarenakan OPD yang bersangkutan telah menyelesaikan Verifikasi DPA.

Diungkapkan Tajudin, Belanja APBD Kab Sambas Tahun Anggaran 2018 mencapai 1 koma 619 Triliun rupiah. 941 Miliar rupiah dialokasikan untuk belanja tidak langsung dan 678 miliar rupiah pada belanja langsung. “Dalam rangka percepatan pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran, seluruh pengguna anggaran atau kuasa pengguna anggaran pada organisasi perangkat daerah kita perintahkan segera mengambil langkah strategis guna mempercepat pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran,” tegas Tajudin.

Sekda mengingatkan OPD menyelesaikan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa yang pelaksanaannya dengan pengadaan langsung atau nilai pengadaan sampai dengan 200 juta rupiah tidak melebihi triwulan II tahun 2018. Termasuk juga kata dia untuk pekerjaan jasa konsultasi dengan jumlah pengadaan mencapai 50 juta rupiah. “Ini harus kita sikapi, sehingga tidak terjadi penumpukkan kegiatan pengadaan di akhir tahun,” jelas dia.

Bahkan dia menyarankan sesegera munkin memproses bukti tagihan dari pihak ketiga. Itu menurut dia guna meminimalisir penumpukkan tagihan diakhir tahun anggaran. Kata Sekda diperlukan upaya yang mencerminkan kelancaran pelaksanaan kegiatan. “Harus ada kepatuhan serta upaya menunjukkan komitmen ini. Pengaruh langsungnya nanti pada penyerapan anggaran,” sebut Sekda.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc meminta OPD tetap melakukan penyederhanaan pelaksanaan APBD. Pinta dia orientasinya adalah hasil atau output. “Bukan berorientasi semata-mata prosedur,” ungkap Bupati. Pesan lain Bupati terkait memperkuat sinkronisasi, keterpaduan dan sinergi antara kegiatan yang didanai APBD Kabupaten, Propinsi, APBN maupun Dana Desa. Ditegaskan Atbah, perencanaan dan penganggaran harus fokus. “Hasilnya harus nyata dan dapat termanfaatkan,” papar dia.

Bupati mengharapkan terjadi peningkatan belanja publik dan pemenuhan belanja mandatori. Yakni berkaitan dengan anggaran pendidikan, anggaran kesehatan, alokasi dana desa, termasuk alokasi belanja infrastruktur yang bersumber DAU maupun DBH. “Efisiensi belanja operasional, belanja pegawai, perjalanan dinas, honor, kegiatan dan rapat-rapat harus menjadi perhatian juga,” kilah Bupati.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 38 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: