www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Bupati Temui Pj Gubernur, Sampaikan Prioritas Sambas

E-mail Cetak PDF
foto bersama pj gubernurBupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc melakukan kunjungan kerja menemui Penjabat Gubernur Kalbar, Dody Riyadmadji. Pertemuan di gelar di salah satu ruang pertemuan pendopo Gubernur Kalbar, Senin (22/1). Bupati mengajak serta Wakil Bupati Sambas, Ketua DPRD Kab Sambas, Sekda Kab Sambas, Kadis Perhubungan, Kadis Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sekretaris Dinas PUPR, Sekretaris Dinas Perhubungan, dan Sekretaris BAPPEDA.

Sehari sebelumnya, Penjabat Gubernur Kalbar, Dody Riyadmadji dan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono telah berkunjung ke PLBN Aruk Sajingan Kab Sambas, Minggu (21/1). Perjalanan pejabat pemprop itu menggunakan Helikopter. Disambut langsung Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili, Lc.

Kunker Bupati Sambas bertemu Dody Riyadmadji memang menjadi agenda prioritas Bupati Sambas. Dia menegaskan penting untuk menyampaikan beberapa prioritas pembangunan kabupaten sambas kepada pejabat pengisi kekosongan jabatan gubernur kalbar usai berakhirnya masa jabatan cornelis-christiandy 14 Januari lalu.

Dari pejabat Pemprov Kalbar, Gubernur didampingi Moses Hermanus Munsin Kepala Dinas Perhubungan, Ahi MT Kepala Bappeda, Alexander Rombonang Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dan Herkulana M, Kepala Biro Perekonomian.

Seperti yang telah dikemukakan Bupati pada pemberitaan di media massa, point penting yang dia sampaikan ke Pj Gubernur juga sama. Pertama Atbah menegaskan pentingnya perhatian untuk merealisasikan pelayanan publik yang optimal di PLBN Aruk. Menurut dia, PLBN Aruk harus segera memiliki pelayanan Road Tax. “PLBN Aruk ini bukan hanya kebanggaan bagi masyarakat kab sambas, tetapi juga milik kalimantan barat, milik bangsa Indonesia. Hanya hingga saat ini, kendaraan kita masih belum bisa lewat. Usulan kami agar Road Tax segera bisa terealisir,” ujar dia.

Bupati menyampaikan beberapa fakta terkait issue perbatasan. Diantaranya terkait penahanan kendaraan masyarakat meskipun telah mengantongi road tax yang selama ini didapat dari pelayanan PLBN Entikong. Penahanan tersebut ungkap dia dikarenakan mobil yang mereka pakai dipergunakan untuk membawa orang sakit, atau membawa wisatawan. “Kami memandang pentingnya pelayanan road tax di PLBN Aruk, potensi untuk kebaikan daerah terbuka lebar dengan adanya pelayanan ini,” terang dia.

Prioritas kedua yang diungkapkan Atbah dihadapan Pj Gubernur adalah permohonan pengalokasian anggaran pembangunan jembatan sungai sambas besar dari APBN Perubahan di Tahun 2018. Jembatan ini jelas Bupati sangat perlukan guna menopang banyak aspek pembangunan di Kab Sambas. “Dari puluhan tahun yang lalu hingga saat ini, kita masyarakat kabupaten sambas hanya menggunakan alat angkut sederhana dan fery penyebrangan,” papar dia.

Menurut Bupati, jembatan ini sangat diidam-idamkan masyarakat. Perjuangan untuk merealisasikannya lanjut dia sudah dimulai belasan tahun yang lalu dan melalui proses yang panjang. “Pemerintah daerah berharap ini menjadi prioritas pemerintah pusat, karena memang sudah menjadi kewajiban pemerintah mewujudkannya,” tegas dia. Terkait dokumen pembangunannya dijelaskan Atbah telah dipenuhi pemerintah daerah. Dia meyakini hanya tinggal keputusan pendanaan saja.

Atbah juga menyampaikan permohonan untuk Presiden bisa meresmikan penggunaan jalan nasional sepanjang menuju ke PLBN Aruk. Dia atas nama masyarakat kab sambas mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat. “Mengapa kami mengharapkan presiden yang meresmikannya, karena akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat kab sambas. Selain itu, jalan ini juga terdapat partisipasi masyarakat yang telah menghibahkan tanahnya secara sukarela untuk dibangun jalan nasional,” ucapnya.

Objek Wisata juga dipromosikan Bupati ke Pj Gubernur. Atbah mengharapkan Pemerintah pusat turut mendukung pembangunan infrastruktur dan promosi wisata yang ada di Kab Sambas. Seperti keberadaan pantai temajuk dan kebun raya sambas. “Untuk perbatasan di temajuk, kita mengharapkan dibangun pelabuhan perikanan samudera temajuk, master plan telah dibuat 2012 oleh propinsi,” sebut Bupati.

Hal lain yang disampaikan Atbah adalah issu galian C. Dia mengharapkan Gubernur memberi perhatian kepada kemudahan perizinan pelayanan galian C. “Upaya kita untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Sambas, kehadiran Galian C sangat diperlukan. Kami mengharapkan upaya memperoleh perizinannya dipermudah dengan semudah-semudahnya. Pemda akan selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah propinsi,” papar dia.

Dody Riyadmadji, Penjabat Gubernur Kalbar, menanggapi yang disampaikan Bupati Sambas mengungkapkan akan mempelajari dengan baik apa yang menjadi prioritas kabupaten sambas. Pada intinya, Dody menyebutkan apa yang menjadi perhatian Presiden RI, terkait pembangunan perbatasan, diyakini akan mendapat perhatian serius.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 66 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: