www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Percepat Maksimalisasi PLBN Aruk

E-mail Cetak PDF
plbn arukUpaya memaksimalkan pelayanan Pos Lintas Batas Negara Aruk di Sajingan Besar, Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas terus melakukan beberapa akselerasi strategi. Bekerjasama dengan Pengelola PLBN Aruk, Pemerintah Propinsi, Kabupaten Sambas terus bersinergi mempercepat hadirnya semua pelayanan di PLBN Aruk. Terutama menghadirkan pelayanan publik road tax.

Kadis Perhubungan Kab Sambas, Fery Madagaskar mengemukakan Pemerintah Kabupaten Sambas terus berupaya keras memaksimalkan pelayanan publik di PLBN Aruk. Koordinasi dan komunikasi ke tingkat pusat, lanjut dia telah dilakukan beberapa kali. “Pemda telah dua kali pertemuan rapat bersama kementerian koordinator bidang Kemaritiman Republik Indonesia di Jakarta. Pertemuan itu kita arahkan guna mempercepat ekspor di PLBN yang ada di Indonesia terutama aruk – biawak serta perlintasan angkutan darat antar negara,” ujar Fery.

Rapat di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Kamis (8/2) mengundang Dinas Perhubungan Prop Kalbar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prop Kalbar, Direktorat Lalu Lintas Polda Kalbar, Pimpinan PT Asuransi Jasa Raharja, Balai Pengujian Laik Jalan Dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Prop Kalbar, Bagian Pengelolaan Pengawasan Perbatasan Biro Pemerintahan Setda Prop Kalbar, Kantor Kesehatan Pelabuhan Pontianak, Stasiun Karantina Pertanian Entikong dan Stasiun Karantina Ikan Entikong. Hadir juga dari Imigrasi Sambas, Bea Cukai Sintete Pemangkat, pengelola PLBN Aruk dan beberapa undangan dari OPD Kab Sambas.

Tujuan diadakannya rapat lanjutan di tingkat Kabupaten Sambas itu tegas Fery, menindaklanjuti pertemuan pertama dengan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Kata Fery, intinya Menko meminta PLBN Aruk dapat segera melakukan perlintasan kendaraan. “Kita tetap tertib dengan aturan yang ada, sambil menunggu penyempurnaan regulasi,” ungkapnya.

Terkait upaya menghadirkan pelayanan publik road tax di PLBN Aruk, sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan melalui Dirjend Perhubungan Darat yang turut menghadiri pertemuan dengan Menko, Mantan Kadis PU PR ini menginformasikan beberapa hal. Diantaranya Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas telah mengusulkan personil yang akan pindah status menjadi pegawai pusat. Nantinya personil itu lanjut dia akan ditugasi di PLBN Aruk.

“Ini sesuai arahan dari Kementerian, dan Personil yang ditunjuk nantinya, sebelum bertugas di Aruk, ditraining dulu di PLBN Entikong,” jelas dia. Pada pertemuan kedua, Fery menyebutkan selain dirinya, Bupati Sambas dan Kepala PLBN Aruk turut hadir rapat bersama deputi bidang koordinasi sumber daya alam dan jasa Kemenko Bidang Kemaritiman. Pertemuan kedua ini lanjut dia dihadiri Dirjend dan Deputi dari Kementerian Perhubungan, bea cukai, imigrasi, kepolisian, BNPP hingga staf ahli Menteri.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc pada rapat itu menegaskan bagaimanapun Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas berkomitmen keras agar PLBN Aruk segera maksimal pelayanannya. Terutama untuk urusan perlintasan kendaraan. “Kita berdasarkan arahan Presiden RI, Bapak Joko Widodo, bahwa hadirnya Pos Lintas Batas Negara adalah untuk membangun dan menghadiran kesejahteraan bagi Rakyat. Karenanya PLBN Aruk, keinginan kita segera bisa melayani road tax. Dan upaya mewujudkan itu terus kita gerakkan secara maksimal. Semoga rencana aksi bisa cepat kita realisasikan,” pinta dia.

Dia mengarahkan tim diantaranya pemda kab sambas bekerjasama dengan pengelola PLBN Aruk menyusun langkah penting. Khususnya langkah-langkah yang bisa cepat direalisasikan dan tidak melanggar aturan yang ada. “Tetap, koridor pembatasnya adalah aturan. Bagaimana pun, harapan dan langkah kita jangan sampai menyalahi aturan yang ada. Tapi ini (rapat lanjutan) menegaskan bahwa pemerintah daerah punya perhatian serius untuk segera direalisasikan,” paparnya.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 43 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: