www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Strategi Tingkatkan Partisipasi Pemilih

E-mail Cetak PDF
sosialisasi pilgubPemerintah Daerah dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas punya tanggung jawab besar terkait kesuksesan pelaksanaan pemilihan umum. Tidak hanya berbicara kelancaran jalannya pesta demokrasi itu. Masalah lain yang hadir di Kab Sambas adalah rendahnya tingkat partisipasi pemilih pada setiap pemilihan. Kabupaten Sambas disebut-sebut sebagai daerah dengan persentase pemilih paling rendah dibanding kabupaten kota di Kalimantan Barat.

suasana sosialisasiDikemukakan Zulfikri, dari Kantor Kesbang Polinmas saat sosialisasi Pemilihan Umum Kepala Daerah Gubernur Kalbar di Aula Kantor Bupati Sambas, Selasa (27/2) dari tiga kali pemilihan umum di Kab Sambas, persentase partisipasi masyarakat kab sambas tidak lebih dari 60 persen. “Potensi rendahnya partisipasi emilih masih menghantui pemilu sebelumnya. Dan fenomena yang terjadi, partisipasi pemilih disetiap pemilu cenderung mengalami penurunan,” ujar Zulfikri.

Dikemukakan dia, khusus di Kab Sambas dalam tiga kali pemilu, tahun 2012, 2014 dan 2015, tingkat partisipasi pemilih tidak lebih dari 60 persen. Sumber dari laman resmi PPID KPU Tahun 2012 hanya 249.626 partisipasi dari 421.207 daftar pemilih tetap atau DPT. Tahun 2014 partisipasi mencapai 269.651 dari jumlah pemilih 415.911 orang. Dan Tahun 2015 dari 410.630 pemilih, yang menggunakan hak pilih hanya 244.001 atau 59 koma 42 persen.

“Secara khusus Kabupaten Sambas menjadi daerah tingkat partisipasi terkecil di Kalimantan Barat. Satu dari beberapa faktor penyebabnya adalah banyaknya warga Kab Sambas pada saat pemilihan berada diluar negeri yakni serawak Malaysia untuk bekerja,” ungkap Zulfikri. Pemda melalui Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat jelas dia terus berupaya memberikan pemahaman dan sosialisasi agar kedepannya terjadi peningkatan partisipasi.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc meminta Masyarakat lebih aktif pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun2018 ini. “Masyarakat harus semakin cerdas dan pintar dalam menggunakan hak pilihnya. Harus proaktif, jangan cuek. Kenali dan cari tahu semua tahapan-tahapan dan informasi yang kita perlukan mendukung kesuksesan pesta demokrasi ini,” ujar dia saat membuka kegiatan sosialisasi pilgub di Aula Kantor Bupati.

Atbah berharap pemilukada gubernur tahun 2018 ini semakin berkualitas dan semakin baik. Terutama kesuksesan pelaksanaannya dilihat dari aspek penyelenggaraan yang aman, lancar dan tertib. Termasuk juga perhatian dia untuk partisipasi pemilih di Kab Sambas. “Karena ini adalah pesta demokrasi, pesta itu harus aman, rasa suka cita. Bukan malah sebaliknya, perpecahan atau musibah. Ini adalah kepentingan kita semua,” ingat dia.

Pentingnya partisipasi masyarakat jelas Bupati karena berhubungan dengan hak dan kewajiban warga negara serta masa depan negeri. Dia meyakini, pemilihan yang baik akan menghadirkan keberkahan negeri. “Dengan pemilihan seperti ini harus semakin melahirkan prilaku yang beradab. Sambas harus menjadi tolak ukur dalam berpesta demokrasi. Bagaimana kita masyarakat Kab Sambas lebih menonjolkan beradu visi misi, program, ide gagasan. Jangan saling menghujat, tebar kebencian. Apalagi penghinaan, kriminalisasi maupun menghadirkan distorsi yang semua itu berbahaya bagi kelangsungan persatuan dan kesatuan,” imbuh dia.

PNS atau ASN ingat dia harus menjaga netralitas. Masyarakat pinta dia aktif mencari informasi dan pemahaman yang benar seputar pemilihan. “Cari tahu tahapan-tahapannya,” pinta dia. Pemilihan katanya merupakan bagian dari Demokrasi dan harus dihormati sebagai sistem yang dianut NKRI. Tips Atbah bagi pemilih pemula, pelajari dengan baik apa yang akan menjadi pilihan masing-masing. “Pilihlah yang terbaik, pilihlah yang banyak kebaikannya. Jika memang tidak ada yang terbaik, pilihlah yang paling sedikit keburukannya,” saran dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 44 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: