www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Bijak Perpaduan Budaya Teknologi

E-mail Cetak PDF
rapat seminar budayaBupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc mengatakan sebagai negara yang besar, bangsa ini harus bangga dengan ragam budaya dan bahasa yang dimiliki. Termasuk Kab Sambas, dijelaskan Bupati, memiliki banyak kebudayaan dan bahasa yang harus menjadi perhatian dan tetap dijaga kelestariannya. “Agar budaya dan bahasa tersebut tetap terjaga, minimal kita harus bangga memilikinya,” ujar dia saat menghadiri Seminar Budaya Di Gedung Keberbakatan Dinas Pendidikan Kab Sambas, selasa (3/4).

Perjalanan Dinasnya Ke Jepang, dituturkan Atbah memberikan banyak tambahan pengetahuan yang luas, termasuk dalam urusan budaya. Dia menjelaskan, jepang merupakan negeri yang sukses melakukan perpaduan budaya dan teknologi. “Kesan kunjungan pertama saya ke jepang, negeri ini sangat bersih, dibeberapa daerah permukiman yang dikunjungi seakan tanpa debu propertinya,” ungkap Atbah. Hal tersebut lanjut dia, menunjukkan prilaku bersih sangat dijunjung tinggi disana.

Prilaku baik seperti itu menurut Atbah sudah sepantasnya untuk ditiru. Bupati juga mengungkapkan bagaimana masyarakat jepang menerapkan teknologi dalam mendukung aktifitas kehidupan masyarakatnya. “Sistem yang mereka bangun itu pintar dan canggih, tetapi tidak melupakan penghormatan mereka pada budaya mereka. Contohnya dalam mereka menjunjung tinggi bahasa nasional mereka, penghormatan pada tamu. Semua masih natural,” jelas dia.

Meningkatkan budaya dan bahasa di Kabupaten Sambas singgung dia, harus ada rasa memiliki dan kebanggaan. Hal-hal yang baik sambung dia, harus terus diperkenalkan, diterapkan sehingga bisa memasyarakat dengan baik. “Budaya dan bahasa bisa kita jadikan sarana mempersatukan semua elemen masyarakat,” tuturnya. Dengan terus menjaga kelestarian budaya dan bahasa, sebut Bupati itu menandakan bahwa kita masyarakat yang menghormati pendahulu. Pentingnya budaya dan bahasa adalah bagian dari mewujudkan pembangunan peradaban yang baik.

“Budaya dan bahasa ini akan menjadi warisan bagi generasi penerus. Ini harus terus diperkenalkan kepada mereka sehingga tidak terputus budaya dan bahasa sebagai jati diri kita,” imbuh dia. Hadirnya dunia digitalisasi, kenang Atbah, menghadirkan kemudahan dalam memperkenalkan dan mensosialisasikan budaya dan bahasa yang dimiliki kepada generasi muda dan semua kalangan.

Hanya saja pinta dia, pengguna era digitalisasi harus bijak dalam memanfaatkan kemajuan teknologi. “Bahasa dan budaya itu dulunya bagian cara orang bersosialisasi. Sekarang sudah semakin luas cara orang bersosialisasi. Jangan sampai dengan kemajuan era digitalisasi, dapat melunturkan nilai budaya dan bahasa yang kita miliki, tetapi sebaliknya, kita manfaatkan kemajuan itu untuk memperkenalkan budaya dan bahasa kita dengan cara yang baik,” terangnya.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 45 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: