www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PKK Gelar Pesantren Ramadhan

E-mail Cetak PDF
bersama peserta pesantren ramadhanSebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Daerah Kab Sambas mempersiapkan generasi Akhlakul Karimah, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kab Sambas mempersiapkan beberapa program kerja. Diantaranya memanfaatkan Bulan Ramadhan 1439 H membina generasi muda Kab Sambas melalui wadah pesantren ramadhan.

“Pesantren Ramadhan ini melibatkan siswa-siswi sekolah menengah atas sederajat yang ada di Kab Sambas. PKK bekerjasama dengan Bina Insan Center dalam mengkonsepkan Pesantren Ramadhan ini,” ujar dia Ketua TP PKK Kab Sambas, Hj Lusyanah Kosasih Atbah. Ratusan pelajar antusias mengikuti pesantren yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Selakau. Pesantren digelar dua hari, mulai sabtu (2/6) hingga minggu (3/6).

Diakui dia, pelaksanaan Pesantren Ramadhan yang difasilitasi PKK, baru tahun dilaksanakan. Menurut dia, PKK turut terpanggil mendukung Pemerintah Daerah Kab Sambas menguatkan aspek Akhlakul Karimah di Kab Sambas. “Semangatnya, kita ingin hadirkan generasi muda Kab Sambas yang memiliki kepedulian lebih pada nilai-nilai agama. Ini selaras dengan keinginan Pemerintah Daerah Kab Sambas, mewujudkan negeri yang akhlakul karimah,” tuturnya.

Kedepannya, ungkap Lusyanah Atbah, kegiatan serupa akan menyasar generasi muda yang terindikasi dengan kenakalan remaja. Konsep yang dia coba kembangkan yakni bagaimana remaja-remaja yang terindikasi dengan kenakalan remaja mendapatkan pengajaran dan bimbingan guna menjauhi semua aspek kenakalan remaja. “Untuk memutus maraknya kenakalan remaja, semua komponen harus memberikan perhatian bersama. Pesantren Ramadhan ini kita harapkan, remaja kita mendapatkan banyak pengajaran dan tambahan ilmu yang bermanfaat,”  harap dia.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, membuka kegiatan pesantren ramadhan itu. Dalam sambutannya, dia mengapresiasi semua pihak yang telah memberikan perhatian pada aspek pembangunan kab sambas. Bupati salut terhadap sambutan positif remaja kab sambas antusias mengikuti pesantren ramadhan itu.

“Sebagai generasi muda, harus punya cita-cita yang tinggi dan besar. Remaja saat ini punya peluang dan ruang yang luas untuk mewujudkan cita-cita menjadi kenyataan. Karenanya, semua generasi muda kab sambas harus punya mimpi yang yang tinggi dan besar,” ujar Bupati memberikan semangat kepada peserta pesantren ramadhan yang berjumlah 191 peserta dari 12 SMA Sederajat.

Ajak Bupati, remaja memanfaatkan hadirnya ramadhan untuk memulai membangun cita-cita positif. Kata dia, Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dia mencontohkan, para sahabat Rasulullah Saw pernah melakukan candaan didepan Ka’bah mengenai cita-cita mereka dan Allah SWT wujudkan dimasa-masa emas mereka. “Inikan bulan Ramadhan, penuh berkah dari Allah SWT, ini adalah waktu yang tepat kita berdoa agar apa yang kita cita-citakan, Allah SWT wujudkan kelak,” ingat Atbah.

Hal lain yang disampaikan Bupati dihadapan peserta pesantren ramadhan yakni keutamaan usia muda. Dia menjelaskan bahwa Allah SWT akan memberikan perlindungan-Nya dihari kiamat nanti kepada 7 golongan, satu diantaranya adalah generasi muda yang senantiasa dan sedia kala sudah dekat dengan Agama Islam. “Allah SWT takjub dan bangga dengan generasi muda yang dari usia muda hingga akhir hayatnya tanpa cacat aqidah, akhlak dan amalannya,” tegas Bupati.

Dia mengharapkan, generasi muda kab sambas menjadikan Islam dan Al Quran gaya hidup. Sebut dia, dengan pesantren ramadhan ataupun wadah silaturahmi lainnya, memberikan banyak pemahaman yang benar tentang Islam bagi generasi muda. “Sangat penting generasi muda kita mendapatkan pengajaran yang benar tentang Islam. Sehingga tertanam dalam diri mereka keinginan menjadikan islam rule model dan Rasulullah Saw sebagai teladan hidup mereka,” tuturnya.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 70 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: