www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Pencairan Hibah dan Bansos, Online

E-mail Cetak PDF
sosialisasi bansosPemerintah Kabupaten Sambas berkomitmen layanan publik kedepannya dapat diakses melalui jaringan internet berbasis dalam jaringan atau online. Sekretaris Daerah Kab Sambas, Drs H Uray Tajudin Msi mengatakan, Kab Sambas mempunyai target tertentu untuk penerapan itu. Kata dia, satu langkah penting sudah dimulai. “Sekarang kita sedang mempersiapkan layanan publik terkait pemberian hibah dan bantuan sosial dilakukan melalui aplikasi secara online,” ujar dia saat sosialisasi strategi percepatan pencairan dana hibah dan bantuan sosial melalui sistem informasi teknologi di Kantor Bupati Sambas, Rabu (18/7).

Kata sekda, melibatkan informasi teknologi memang menjadi keharusan. Perkembangan aspek pembangunan dan aspek sosial budaya begitu cepat, mendorong penyelenggaraan pemerintahan terus berinovasi. “Tentunya ini akan terus kita sosialisasikan. Tujuan pemerintah adalah memberikan kemudahan. Masyarakat tidak perlu bertatap muka dengan petugas di kantor, cukup dengan media teknologi, proposal bisa diajukan ke pemerintah daerah,” terang dia.

Diungkapkan Sekda, pemda kab sambas memberikan ruang gerak yang besar untuk semua OPD berinovasi menggunakan sistem informasi teknologi. Dia yakin, banyak manfaat yang dapat diterima dengan penerapan informasi teknologi. “Dinas pelayanan terpadu satu pintu dan kominfo kita sudah membuka ruang, agar kedepannya penerapan informasi teknologi bisa terintegrasi dengan OPD lainnya. Insya Allah segera kedepannya makin banyak layanan publik yang bisa diakses melalui sistem informasi teknologi berbasis online,” jelas Tajudin.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Drs H Sunaryo Msi, mengatakan ide mengakomodir pelayanan pencairan dana hibah dan bantuan sosial dipadukan dengan informasi teknologi lebih didasari ingin memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Dijelaskan dia, sistem IT nya sudah disusun tim teknis pemkab sambas. “Nantinya aplikasi pencairan secara online, dapat diakses melalui situs resmi pemda kab sambas,” tuturnya.

Situs Pemda, konten Dana Hibah dan Bansos memberikan informasi yang jelas bagi masyarakat. Dijelaskan dia, mulai dari definisi, dasar hukum, operator informasi hingga contoh format dokumen dapat diakses dengan mudah. “Harapan kita, aplikasi layanan ini dapat meminimalisir permasalahan yang selama ini ditemukan dalam layanan konvesional sebelumnya. Semoga masyarakat dapat mendukung ini,” terang dia.

Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH, dalam sambutannya, meminta sumber daya manusia yang dipersiapkan untuk mendukung aplikasi tersebut benar-benar bekerja maksimal. Kata dia, permasalahan yang lebih dikarenakan oleh SDM harusnya tidak terjadi dalam hal sistem informasi teknologi. “Saya mengapresiasi inovasi yang dihadirkan oleh pemikiran Asisten I, bersama semua unit kerja yang menangani ini. Saya juga mengajak layanan lain sejenis, turut hadir dengan memanfaatkan informasi teknologi yang memberikan banyak kemudahan,” harap dia.

Wabup juga mengingatkan, layanan ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Kata dia, monitoring dan evaluasi harus benar-benar dilakukan. “Jika ada kendala, harus segera dicarikan solusi terbaiknya. Layanan online seperti ini biasanya akan mendapat perhatian yang luar biasa, terutama bagi mereka yang akrab dengan dunia informasi teknologi. Jadi SDM kita harus benar-benar siap,” pinta Wabup.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 59 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: