www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Kades Baru Dapat Pembinaan Pengembangan Kapasitas

E-mail Cetak PDF
latihan kadesKepala Desa se-Kab Sambas mendapat pembinaan berupa peningkatan dan pengembangan kapasitas sebagai kepala desa. Sekretaris Daerah Kab Sambas, Drs H Uray Tajudin Msi melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kab Sambas, Drs H Sunaryo Msi, di ruang pertemuan hotel pantura jaya sambas, senin (6/8) mengatakan pelatihan bagi kades dalam rangka peningkatan dan pengembangan kapasitas sebagai pemimpin di tingkat desa.

“Ini merupakan implementasi dari ketentuan pasal 6 dan 7 peraturan menteri dalam negeri republik indonesia nomor 82 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa,” ujar dia. Dijelaskan Sunaryo, aturan tersebut diatas memberikan amanat bahwa kepala desa yang baru, wajib mengikuti pelatihan awal masa jabatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah kabupaten kota.

Tujuannya sebut dia, agar kades yang baru memahami dan mampu menyusun perencanaan pembangunan di desa dengan baik. “Kades dituntut mampu menyusun perencanaan desa yang sinergis dengan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten,” sebut dia. Yang tidak kalah pentingnya, Jelas Sunaryo adalah pemahaman tentang ketentuan administrasi dan tata kelola pemerintahan desa.

Mulai dari peran dan fungsi, kedudukan, kewajiban maupun hak kepala desa. Ditambahkan dia, Kades harus memahami dan mampu menyusun produk-produk hukum. “Produk hukum dimaksud berupa peraturan desa, peraturan kepala desa hingga keputusan kepala desa,” ingat Asisten I.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, pada moment yang sama, mengatakan Kades harus bekerja dengan baik dan hati-hati. Dia meminta Kades memberikan pelayanan yang maksimal bagi kemajuan dan kebaikan desa. “Setiap desa harus punya sikap untuk tidak korupsi dan mendorong percepatan pemberantasan korupsi diwilayah kerjanya. Ingat, kades adalah pelayan masyarakat,” tegas Bupati.

Atbah juga meminta, setiap permasalahan yang menjadi kewenangan desa ditangani dengan baik dan cepat. Dia menginginkan agar kebijakan dan keputusan yang diambil setiap kades kedepannya tidak tersangkut oleh permasalahan hukum. “Layani masyarakat dengan baik, jika memang bisa ditangani di tingkat desa, selesaikan ditingkat desa. Jangan sampai ke tingkat kabupaten lagi,” ujar Bupati.

Pesan lainnya, Bupati mengharapkan tidak terjadi pembiaran terhadap bibit konflik di desa. Dia mengingatkan agar kades dan perangkat desa memiliki hubungan harmonis dengan perangkat desa lainnya. “Rangkul dengan baik semua komponen yang ada di desa,” ingat Bupati.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 53 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: