www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

233 Binaan Lapas Sambas Terima Remisi

E-mail Cetak PDF
remisiBupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc memberikan apresiasi kepada warga binaan lembaga pemasyarakatan kelas II B Sambas yang telah mengikuti pembinaan dengan baik. Kata Bupati, saat menjadi inspektur upacara pemberian remisi umum di Lapas Kelas II B Sambas, Jumat Pagi (17/8), remisi merupakan hak mendapatkan pengurangan masa menjalani yang telah diatur secara formal dalam undang-undang nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

“Selamat atas remisi yang diterima, remisi adalah satu sarana hukum penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan,” ujar dia. Remisi jelas Atbah, diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari. Perbaikan tersebut lanjut dia tercermin dari sikap warga binaan yang taat selama menjalani pidana, lebih disiplin, lebih produktif dan dinamis.

“Sesuai aturan dibawah pengawasan Kementerian Hukum dan HAM, tolak ukur pemberian remisi tidak didasarkan pada latar belakang pelanggaran hukumnya. Melainkan didasarkan pada perilaku mereka selama menjalani pidana,” sebut dia. Remisi dijelaskan Bupati, dipandang menjadi instrumen penting dalam pelaksanaan sistem pemasyarakat. Dituturkan dia, itu dalam kerangka memberikan stimulus bagi narapidana agar selalu berkelakuan baik.

“Bisa diartikan, remisi merupakan alat untuk memodifikasi perilaku narapidana. Karena jika mereka tidak mempunyai perilaku baik maka hak remisi tidak akan diberikan,” jelas Bupati. Pemerintah Daerah tambah dia, memberikan apresiasi atas mekanisme pemberian remisi yang sangat transparan dan sudah berbasis sistem yang mendayagunakan teknologi informasi. Pemberian remisi sekarang ini ungkap dia sudah diatur Peraturan Menteri Nomor 3 Tahun 2018.

“Pemberian Remisi diharapkan memberikan kesempatan kepada warga binaan pemasyarakatan menjadi lebih baik dan terus berbuat baik. Pesan saya, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sebagai landasan menjalani kembali kehidupan ditengah-tengah masyarakat,” pesan Bupati. Upacara Pemberian Remisi Umum, secara simbolis diserahkan Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc. Hadir pada seremonial itu, Ketua Pengadilan Negeri Sambas, Kapolres Sambas, Kepala Rumah Tahanan Lapas Kelas II B Sambas, Perwakilan Kajari Sambas. Narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan yang mendapatkan Remisi pada Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 Tahun 2018 berjumlah 233 orang dari 345 warga Binaan penghuni Lapas Kelas II B sambas.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 45 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: