www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Rakor Awal Tahun Persiapan 2019

E-mail Cetak PDF
rakorMensukseskan pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan di tahun 2019, Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc Pimpin rapat koordinasi. Dihadiri Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH, Sekda Sambas, Drs H Uray Tajudin MSi, Asisten Setda Sambas, pimpinan OPD Se-Kab Sambas dan Camat Se-Kab Sambas. Rakor digelar di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Selasa (8/1).
Pertemuan itu merupakan rapat pertama di awal tahun 2019 yang dihadiri seluruh Pimpinan OPD dan Camat se-Kab Sambas minus kehadiran Kadis Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Camat Pemangkat, Camat Tangaran, dan Camat Sejangkung yang masih dalam masa cuti kerja.

Dikemukakan Sekretaris Daerah Kab Sambas, Drs H Uray Tajudin MSi, Rakor itu dijadwalkan membahas beberapa isu strategis Kabupaten Sambas. Diantaranya ungkap dia membahas Persiapan Penyusunan LKPD Kabupaten Sambas Tahun Anggaran 2018.

“Rakor juga kita bahas antisipasi Temuan BPK RI yang berulang dan Persiapan Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019,” sebut Sekda terkait isu lainnya dalam rakor. Sekda tampak memberi perhatian serius terhadap tiga isu itu. Dia mengingatkan, masing-masing OPD harus punya komitmen dan aksi nyata mewujudkannya.

“Insya Allah, kita menargetkan beberapa capaian penting di tahun2019 ini,” terang sekda meminta dukungan seluruh komponen pemerintahan daerah dan masyarakat kab sambas. Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, dalam pengarahannya, menegaskan 2019 Kab Sambas harus mampu merealisasikan capaian Penilaian Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari BPK RI. Dia meyakini, unsur birokrasi pemda kab sambas memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni mencapai target itu.

“ASN Kab Sambas memiliki sumber daya yang berkualitas, dan saya yakin, semuanya memahami bagaimana raihan WTP bisa diwujudkan. Ini diperlukan kebersamaan mencapainya, termasuk dukungan dari masyarakat,” tutur dia. Atbah menyarankan, agar evaluasi terhadap proses capaian-capaian rutin digelar.

Dia mencontohkan untuk masing-masing OPD, evaluasi kinerja dapat dilakukan satu kali dalam sebulan. “Evaluasi secara keseluruhan OPD, bisa kita jadwalkan tiga bulan sekali. Evaluasi ini penting, dalam Bahasa arab, dinamakan Muhasabah. Artinya mengevaluasi diri untuk terus memperbaiki diri kearah yang lebih baik,” jelas Bupati.

Dimomen itu, Atbah mengingatkan pentingnya cerdas dan kehati-hatian dalam mengelola keuangan negara. Kata dia, sangat penting dalam diri setiap ASN Kab Sambas, niat untu menjadi yang terbaik dan menghasilkan karya terbaik untuk membangun sambas. “ASN juga harus memberikan perhatian serius pada aspek pelayanan public. Kita harus merespon cepat terhadap keinginan masyarakat selama itu tidak melanggar aturan, berikan respon terbaik,” pintanya.

Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH, ketika memberikan sambutan pada rakor, mengemukakan dukungan untuk semua OPD menuju kinerja yang lebih baik. Menurut dia, upaya pendampingan yang dikonsepkan unit kerja agar sebuah permasalahan dapat segera terselesaikan, patut dilaksanakan. “Untuk beberapa OPD yang masih terkendala dengan penyusunan dokumen pemerintahan, sangat baik untuk diberikan pendampingan agar memiliki akselerasi atau percepatan penyelesaiannya,” tutur Wabup.

Plt Badan Keuangan Daerah Kab Sambas, Ir H Daryanto, mengemukakan Kondisi persiapan penyusunan LKPD Tahun Anggaran 2018 telah dilakukan beberapa upaya penting. Seperti Penerbitan Surat Edaran Bupati Sambas Nomor 900/442/BAKEUDA-D/2018 dan Surat Sekretaris Daerah Nomor 900/512.1/BAKEUDA-E yang menegaskan Kewajiban OPD dalam melaksanakan APBD Akhir Tahun termasuk sanksi.

“Pada prinsipnya, tiga isu strategis di awal tahun ini, kita optimis dapat melaluinya dengan jalan keluar terbaik, dimana diperlukan komitmen bersama seluruh perangkat daerah termasuk dukungan komponen pemerintahan daerah lainnya,” sebut Daryanto.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 73 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: