www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
SMS layanan Aduan

Ajak Komitmen Peduli Perlindungan Gambut

E-mail Cetak PDF
restorasi gambutPemerintah Indonesia era Presiden Joko Widodo berkomitmen menghentikan berulangnya bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Pemerintah memprogramkan perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut secara bijak. Upaya tersebut merupakan bagian dari upaya yang mendesak dilakukan.
Pemerintah dalam mewujudkan itu telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut. Aturan itu guna memperkuat peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2014.

Kabupaten Sambas turut menjadi perhatian Pemerintah Pusat dalam bagian memberikan perlindungan dan pengelolaan ekosistem Gambut secara bijak. Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc diundang Badan Restorasi Gambut RI menghadiri Acara Tiga Tahun Restorasi Gambut di Indonesia di Jakarta, Selasa (29/1).

Bupati menyebutkan, pertemuan itu bagian dari menghadirkan rumusan baru memperkuat pelaksanaan kebijakan pemulihan gambut dan pencegahan kebakaran pada ekosistem gambut. “Pemerintah Kabupaten Sambas mendukung perlindungan dan pengelolaan ekosistem Gambut. Alhamdulillah, Kabupaten kita mendapatkan perhatian yang besar dari Pemerintah Pusat melalui Badan Restorasi Gambut. Diantaranya beberapa bantuan program gambut di Kecamatan Jawai,” ujar Bupati.

Dijelaskan Atbah, Badan Restorasi Gambut memberikan arahan betapa pentingnya restorasi terhadap ekosistem gambut yang rusak atau terdegradasi, baik karena faktor alam maupun manusia adalah cara terbaik. Terutama untuk mencegah berulangnya kebakaran hutan dan lahan. “Perlindungan dan pemulihan gambut juga signifikan mengurangi emisi gas rumah kaca,” tutur dia.

Kalimantan Barat ungkap Bupati menjadi target 2 juta hektar lahan restorasi gambut bersama 6 provinsi lainnya seperti Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua. Badan Restorasi Gambut RI lanjut Bupati, kedepannya telah menyiapkan beberapa program strategis. “Nanti akan dihadirkan aplikasi sistem informasi pemantauan gambut. Untuk masing-masing daerah, minimal memberikan dan memperkuat komitmen dukungan untuk restorasi gambut ini,” ungkap Bupati.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 89 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: