www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
SMS layanan Aduan

Saring Sebelum Sharing

E-mail Cetak PDF
Perkembangan teknologi digital, menghadirkan banyak kemudahan dalam sosialisasi kehidupan masyarakat. Satu diantaranya, kemudahan berbagi informasi, begitu menjamur dalam teknologi berbasis internet. Dalam perjalanan dan perkembangannya, informasi yang berada dalam jaringan internet tidak memiliki batasan atau penyaring yang seharusnya.
Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kab Sambas, Zulkifli SP, menyikapi hal tersebut, mengajak masyarakat cerdas dalam memilih informasi yang beredar dalam jaringan (online) internet. Kata dia, kebijakan user atau pengguna sangat diperlukan dan disarankan.

“Sekarang ini, masyarakat kita dihadapi dengan banyaknya informasi yang terpublikasi pada basis dalam jaringan internet atau kita istilahkan informasi dunia maya. Hanya saja, banyak dari informasi yang beredar masih perlu disikapi dengan baik terkait kebenarannya. Sehingga kami sangat menyarankan masyarkat cerdas dalam menyerap informasi dimaksud,” ujar Zulkifli dalam rilis Bagian Humpro Setda Kab Sambas, Kamis (31/1).

Publik atau masyarakat kata dia harus semakin cerdas memilah dan memilih informasi. Dia meminta jangan mudah percaya terhadap berita-berita atau informasi yang belum jelas kebenarannya. “Istilahnya yang populer itu berita hoaks, mengingat era digital sekarang ini, informasi dan berita semakin cepat dan mudah diperoleh publik. Kitalah yang harus menjadi filter atau penyaring berita terutama bagi diri kita sendiri,” ingat dia.

Disebutkan Zulkifli, Ada kata bijak yang bisa digunakan dan populer dalam memerangi Hoaks. Yakni dicontohkan dia, saring dulu sebelum sharing. “Men-share atau membagikan berita itu mudah. Tapi ingat, mempertanggungjawabkan kebenaran materi atau berita atau informasi yang dibagikan itu sulit,” tegas Kabag Humpro Sambas.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, saat memberikan sambutan dibeberapa kegiatan lapangan silaturahim dengan masyarakat selalu mengingatkan pentingnya melawan hoaks. Kata dia, dalam ajaran agama islam, ummat muslim dilarang memberikan informasi yang tidak benar. “Jangan biasakan sebar berita atau informasi yang belum diketahui kebenarannya, jangan sampai kita terjatuh dalam perkara fitnah,” ingat Atbah.

Tips dari Bupati dalam melawan Hoaks adalah Tabayyun. Tabayyun menurut bahasa adalah telitilah dulu. Atbah merinci Kata tersebut dapat dilihat pada surat Al-Hujurat surat ke-49 ayat 6. “Tabayyun merupakan salah satu tradisi umat islam yang dapat dijadikan solusi untuk memecahkan masalah. Tradisi ini digunakan terutama untuk menyelesaikan masalah dalam masyarakat” terang dia. Harapan Bupati, Masyarakat Kabupaten Sambas semakin cerdas dan memanfaatkan dengan benar kemajuan era informasi tanpa batas tersebut.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 86 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: