www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Review Penyelesaian PBD Segmen Sambas Bengkayang

E-mail Cetak PDF
Pemerintah Daerah Kab Sambas menggelar Review Penyelesaian Penegasan Batas Daerah antara Pemerintah Kabupaten Sambas dengan Pemerintah Kabupaten Bengkayang. Difasilitasi Bagian Tata Pemerintahan Setda Kab Sambas, digelar review tersebut di ruang rapat Reformasi Birokrasi Kab Sambas, Kamis (14/2). Disampaikan Kepala Bagian Tata Pemerintahan, H Uray Willy M, tujuan dari rapat tersebut adalah bagian dari progress pelaksanaan penegasan batas daerah.

“Kami menghadirkan dari Asisten Bidang I Setda Kab Sambas, Bappeda, Bagian Hukum, Satuan Polisi Pamong Praja, dan beberapa unit kerja teknis lainnya termasuk dari BPN. Review ini bagian kita menyamakan presepsi untuk rapat koordinasi ketiga fasilitasi penyelesaian penegasan batas daerah antara kab sambas dengan kab bengkayang,” ujar dia saat memaparkan review dihadapan Bupati Sambas.

Dalam presentasinya, Uray Willy membeberkan beberapa alternative solusi penyelesaian penegasan batas daerah itu. Terutama untuk segmen yang belum disepakati bersama tim Penegasan Batas Daerah Kab Bengkayang. “Rakor atau pertemuan ini kita laksanakan untuk membahas alternative penarikan garis batas daerah pada segmen yang belum disepakati bersama dengan tim PBD Kab Bengkayang,” sebut dia.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, dalam arahannya, meminta Tim PBD Kab Sambas bekerja maksimal agar aspek ini dapat terselesaikan dengan solusi keluaran yang terbaik untuk semua pihak. Kata dia, hubungan pemerintah kab sambas dengan pemerintah kab bengkayang adalah prioritas yang harus dikedepankan dalam mencarikan alternative pemecahan penegasan batas daerah ini.  

“Kita tidak ingin pemecahan atau jalan keluar aspek ini mengakibatkan hubungan yang kurang baik antar daerah. Jangan sampai seperti hubungan palestina dengan Israel. Kita harus berprasangka baik, dan Kab Bengkayang pun saya yakin ingin menyelesaikan ini dengan cara yang baik dan solusi terbaik untuk semua,” tutur dia.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Bidang I Setda Kab Sambas, H Sunaryo menegaskan fasilitasi provinsi untuk segmen sambas bengkayang sudah dilakukan beberapa pertemuan penting. Fasilitasi pertama oleh provinsi sebut dia, pada 19 Oktober 2018 lalu dengan menghasilkan beberapa point penting terutama titik koordinat yang disepakati maupun segmen yang tidak disepakati.

“30 Januari 2019, juga telah difasilitasi provinsi untuk penyelesaian penegasan batas ini. Dalam berita acara pertemuan ini terdapat perkembangan sejak rapat pertama,” ungkap Sunaryo. Diantaranya terang Asisten I, beberapa segmen berupa batas alam seperti sungai dan gunung sudah disepakati kedua belah pihak.

Namun tambah dia, masih ada beberapa sub segmen yang belum disepakati. “Dengan Pertemuan rakor ini, pemerintah daerah berharap sub-sub segmen yang belum tersepakati dapat terselesaikan dengan solusi terbaik bagi semua pihak,” harap dia.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 56 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: