www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
LELANG BAKEUDA2
SE bupati sampah perkimlh
Spanduk Sumpah Pemuda

Dukung Sinergi Kinerja BRG, Fokus Karhutla

E-mail Cetak PDF
sambasBupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH hadir pada pertemuan koordinasi penguatan pengendalian dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan pada lahan gambut. Rapat Koordinasi yakni antara Badan Restorasi Gambut RI bersama seluruh stakeholder di Provinsi Kalbar. Rakor digelar di Hotel Kapuas Palace Pontianak, beberapa waktu lalu. Rakor dibuka secara resmi Gubernur Kalbar H Sutarmidji SH MHum. Bupati Sambas mengatakan, pada prinsipnya pemerintah daerah siap mendukung penguatan tersebut. Dikatakan Atbah, memang diperlukan sinergi bersama untuk mengatasi karhutla di Kalimantan Barat.

Dikatakan dia, Kalimantan Barat merupakan daerah dengan lahan gambut yang luas, mencapai 1,68 juta hektar. "Lahan gambut seperti yang kita ketahui disaat musim kemarau mudah terbakar akibat kekeringan. Ini memang harus menjadi perhatian kita bersama," ujar dia. Data dari paparan rakor Penguatan Pengendalian dan Penanggulangan Karhutla tersebut, tahun 2015, luas lahan gambut yang terbakar di Kalbar mencapai 32.192 hektar. Beberapa provinsi lain seperi riau, sumatera selatan, jambi, kalimantan tengah, kalimantan selatan hingga papua, juga mengalami kebakaran yang lahan.

Momentum tersebut, dijadikan pemerintah pusat melakukan restorasi gambut di tujuh provinsi prioritas di Indonesia termasuk di Kalimantan Barat. Badan Restorasi Gambut hadir dalam rangka percepatan pemulihan kawasan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut akibat kebakaran hutan dan lahan, di Kalbar, ditarget melakukan kegiatan restorasi gambut seluas 149.901 hektar sampai dengan tahun 2020. "Rakor ini memang diperlukan dalam rangka koordinasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Barat bersama seluruh stakeholder pada lahan gambut serta mensinergikan kinerja badan restorasi gambut Republik Indonesia dan Tim Restorasi Gambut Daerah Provinsi Kalbar.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 61 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: