www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
COVID19

Ingatkan CPNS Penerapan Merit System

E-mail Cetak PDF
Latsar tutupBupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH mengingatkan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil, adanya penerapan Merit System dalam manajemen Aparatur Sipil Negara. Kata dia, merit system telah diatur dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Dijelaskan dia, terdapat 6 tahapan dalam pengadaan PNS, yaitu tahapan perencanaan, pengumuman lowongan, pelajaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi, masa percobaan dan pengangkatan menjadi PNS.

Latihan Dasar bagi CPNS ungkap Bupati merupakan tahapan kelima dari pengadaan ASN. “Latihan Dasar CPNS, merupakan tahapan kelima dalam proses pengadaan PNS. Dalam masa percobaan ini, dilakukan proses pendidikan dan pelatihan terintegrasi melalui pelatihan dasar,” jelas Bupati saat menutup Pelatihan Dasar CPNS di Aula BKPSDMAD, Jumat (22/11).

Atbah mengingatkan, pelatihan dasar penting bagi setiap CPNS. Dia menyebutkan, latihan dasar itu dimaksudkan membangun integritas moral, semangat serta motivasi nasionalisme dan kebangsaa. “Latihan dasar ini juga untuk membangun karakter kepribadian yang unggul serta bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang bagi ASN,” jelas Bupati.

Diingatkan Atbah, pelatihan dasar atau masa percobaan itu bukanlah seremonial belaka. Diterangkan dia, setiap ASN terutama CPNS maupun PNS, tetap diawasi dan dinilai sesuai kaidah peraturan yang ada. “Memang para peserta diklatsar telah menyelesaikan program pelatihan dasar CPNS, masa percobaan belum berakhir. Pemerintah daerah tetap melakukan pengawasan dan penilaian terhadap CPNS sehingga akhirnya nanti dapat memutuskan apakah benar-benar bisa diangkat dan layak menjadi PNS,” ingat Bupati.

Atbah meminta, sebagai ASN Kab Sambas, harus terus mengembangkan kemampuan diri dan inovasi kerja. Dia menginginkan ASN Kab Sambas memahami, menghayati dan menyadari kedudukan tugas dan fungsi sebagai ASN. “Ubah pola pikir dan pola prilaku agar menjadi ASN yang modern. ASN yang millenial dengan konsep sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat pemersatu bangsa dan NKRI,” tutur dia.

Bupati menjelaskan, bahwa profesi ASN menjadi profesi yang diidolakan banyak orang. Itu kata dia, bisa dilihat dari ramainya warga yang mendaftar saat dibukanya lowongan kerja untuk menjadi ASN. “Bagi anda yang sudah berada dilingkup ASN, baik itu CPNS maupun PNS, syukuri. Ribuan bahkan jutaan orang ingin posisi anda sekarang ini. Cara bersyukurnya, bekerjalah dengan sungguh-sungguh, tunjukkan kualitas dan kapasitas terbaik anda untuk mengabdi bagi bangsa dan negara ini,” ulas Bupati.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 97 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: