www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
COVID19

Usai Umumkan 2 Kasus Positif, Bupati Turun Langsung Tracking & Rapid Test

E-mail Cetak PDF
WhatsApp Image 2020 05 14 at 11.50.08 PMUsai menggelar keterangan pers di Posko Covid 19 Kab Sambas, Rabu sore (13/5) terkait hasil swab 2 warga kab sambas yang terkonfirmasi, Bupati Sambas selaku Ketua Tim Gugus Tugas Covid 19 Kab Sambas turun langsung melakukan tracking dan rapid test, Rabu Malam (13/5). Sasarannya yakni keluarga dan tetangga warga yang dinyatakan positif terpapar covid 19, di Rt 09 Rw 05 Dusun Tumpak Jawai Desa Pangkalan Kongsi Kecamatan Tebas.
Bupati bersama wakil bupati sambas, kadis kesehatan, staf ahli bupati sambas, camat tebas, forkopimcam tebas, dan tim medis dari dinas kesehatan dan puskesmas tebas melakukan tes cepat ditempat asal domisili pasien yang terkonfirmasi, malam hari dengan penerangan rumah warga seadanya. Puluhan warga diarahkan mengikuti rapid test.
Wilayah rukun tetangga tersebut, langsung diarahkan melakukan isolasi wilayah, yang diawasi langsung pihak desa dan kecamatan. Bupati dan rombongan, langsung memberikan bantuan logistik bagi warga sekitar, guna menunjang optimalisasi karantina atau isolasi wilayah. Dikatakan Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, dirinya dan unsur pimpinan lain yang tergabung dalam tim gugus tugas covid 19, menaruh perhatian serius terhadap penanganan wabah ini.
“Sekarang kita memiliki kasus positif, ini harus menjadi perhatian bersama. Tidak ada alasan untuk kita menyepelekan ini, menganggap remeh penyebaran wabah atau virus. Sebaliknya, kita harus serius, semakin memperketat upaya, kewaspadaan dan kepedulian dalam memutus mata rantai penyebaran,” ingat Bupati. Atbah menegaskan, semua punya tanggung jawab agar penyebaran virus di Kab Sambas tidak menyebar lebih luas, dan memasuki tahap local transmisi atau komunitas transmisi.
WhatsApp Image 2020 05 14 at 11.50.07 PMWhatsApp Image 2020 05 14 at 11.50.07 PM 1Kuncinya, kata dia adalah menjaga jarak fisik, dengan menghindari kerumunan atau keramaian, patuh dan taat terhadap protokol covid 19. “Insya Allah akan ada pertolongan Allah untuk kita menghadapi wabah ini. Satu diantaranya dengan patuh pada aturan yang ditetapkan pemerintah. Tetap dirumah jika memang tidak ada agenda yang mengharuskan kita keluar rumah. Jangan berkerumun, mari bersama-sama kita dukung upaya memutus mata rantai covid 19 ini dengan patuh aturan pemerintah,” tegas dia.
Warga yang melakukan isolasi wilayah di desa pangkalan kongsi kec tebas, diingatkan Bupati, agar komitmen melakukan isolasi. Dijelaskan dia, insyaAllah dengan patuh dan taat, isolasi bisa dilalui dengan limit waktu yang lebih singkat. “Untuk sementara, kami mengajak warga yang melakukan isolasi wilayah, tidak berinteraksi dengan warga didaerah lain dulu. Ikuti prosedurnya, insyaAllah jika tertib, isolasi bisa lebih singkat,” tutur Bupati.
Atbah meminta, warga wilayah lain, tidak melakukan stigma negatif terhadap wilayah yang melakukan isolasi. Diterangkan dia, isolasi adalah langkah penting guna memutus mata rantai penyebaran. “Jangan hadirkan stigma negatif terhadap warga yang melakukan isolasi. Itu dilakukan, semata-mata lebih sebagai upaya pencegahan, tracking, agar putus mata rantai penyebaran diwilayah tersebut. Mari kita bersama-sama saling memberi semangat untuk optimis bangkit dari wabah ini,” ajak Bupati.
dr Fatah M, Kadis Kesehatan Sambas, juru bicara tim gugus tugas covid 19 kab Sambas mengatakan, rapid test yang dilakukan memang menjadi prioritas. Kata dia, langkah itu guna melokalisir peta penyebaran. “Pada prinsipnya, kab sambas tidak ingin kebobolan terjadi penyebaran lokal. Jika sudah penyebaran lokal atau local trasmisi, kerja tracking dan penanganannya menjadi sangat-sangat ekstra lagi. Karenanya warga kita minta tetap stay at home, tetap dirumah saja. Beraktifitas diluar rumah, seperlunya saja, seperti belanja kebutuhan pokok atau bekerja tetap menjaga jarak fisik. Pakai masker dan rajin cuci tangan,” imbuh Kadis Kesehatan.

Author - ZULPIAN
Editor - Tim Website sambas.go.id

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 69 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: