www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
HUT PEMDA 2020

PASAR MURAH DAN SEMBAKO GRATIS HADAPI COVID 19

E-mail Cetak PDF
WhatsApp Image 2020 06 22 at 4.04.25 PMUpaya Pemerintah Daerah Kab Sambas menangani pencegahan penyebaran covid 19 sangat masif. Mulai dari rapat koordinasi yang melibatkan banyak stake holder atau pemangku kepentingan, kegiatan lapangan bersama TNI Polri atau tim gugus tugas covid 19 hingga melakukan realokasi anggaran. Program nyata pemerintah daerah kab sambas menghadapi pandemi covid sebagai perhatian langsung untuk warga kab sambas yakni menggelar pasar murah dan bantuan kebutuhan pokok untuk warga secara gratis.
Gelaran pasar murah, dikoordinir langsung dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab Sambas. Paket kebutuhan pokok yang disalurkan diantaranya telur, gula pasir dan minyak goreng. Skenario yang dipakai pada operasi pasar murah, yakni Pemda mensubsidi harga kebutuhan pokok yang disalurkan itu. “Harga yang dibayarkan sudah pemda subsidi dengan total hampir mencapai dua milyar rupiah. Dan uang yang dibayarkan nanti, itu akan disampaikan kepada supplier atau pemasok 3 komoditi pasar murah,” tutur Musanif, Kadis Kumindag Sambas.
Untuk kebutuhan pokok yang secara gratis disalurkan ke warga, dikoordinir langsung dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Kadis Sosial PMD Kab Sambas, Asmani melalui Sekretaris Dinas, Edi mengatakan, bantuan kebutuhan pokok gratis pemda itu sasarannya adalah keluarga tidak mampu dan layak mendapatkan bantuan. “Bantuan sembako tersebut diperuntukan Empat Puluh Ribu Delapan Ratus Empat Puluh Tiga Keluarga Penerima Manfaat, kita sebar di 19 kecamatan dan 193 desa” ujar dia.
Jenis sembako yang akan diberikan kepada setiap KK tersebut masing-masing sejumlah 7 kg beras, dan 2 pack minyak goreng sebanyak 1,8 liter. Jumlah total bantuan pada program ini adalah Dua Ratus Delapan Puluh Lima Koma Sembilan Nol Satu Ton beras, serta 81.686 pack atau Tujuh Puluh Tiga Ribu Lima Ratus Tujuh Belas liter minyak goreng. “Mekanisme bantuan diberikan secara langsung ke penerima secara door to door sesuai data hasil musyawarah masing-masig desa sebelumnya oleh pihak desa,” tutur dia.
WhatsApp Image 2020 06 22 at 4.04.25 PM 1Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua fihak yang telah membantu dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan dan penyaluran distribusi sampai kepada penerima manfaat. Diantaranya tenaga-tenaga di lapangan seperti dari pihak OPD Teknis, Kecamatan, Pemerintah Desa, Tenaga Pendamping Desa dan Pendamping Sosial baik PKH maupun TKSK. “Tujuan Pemerintah Daerah menggulirkan program pasar murah dan bantuan gratis, sebagai bentuk perhatian pemda kepada warga atas kondisi pandemi covid 19. Tentunya kami berharap apa yang telah diprogramkan pemda, dapat meringankan beban warga dan bermanfaat,” ujar Bupati.
Dikatakan dia, program penanganan covid diatas sudah mendapat persetujuan DPRD. Dijelaskan Bupati, legislatif, memberikan perhatian yang besar juga pada penanganan covid 19. “Pemda juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran legislatif yang telah mendukung pemda dalam penanganan covid 19. Tentunya ini adalah berkat kerjasama dan saling mendukung antar komponen masyarakat yang ada,” ungkap Bupati.
H Abu Bakar, Ketua DPRD Kab Sambas, menjelaskan, memang benar, pihak legislatif mendukung upaya Pemda, meringankan beban warga selama pandemi covid 19. Disebutkan dia, perhatian ini, harus disyukuri, karena tidak semua daerah menganggarkan untuk bantuan langsung kepada warganya. “Kita harus bersyukur, dikondisi pandemi covid 19 seperti sekarang ini, pemerintahan daerah, baik eksekutif dan legislatif memberikan perhatian untuk warganya. Kita akui, apa yang dilakukan, masih banyak yang harus dimaksimalkan lagi kedepan. Kami juga memberikan catatan kepada eksekutif, agar apa yang dibantukan kepada warga, adalah barang yang baik mutunya,” ingat Abu Bakar.

Author - ZULPIAN
Editor - Tim Website sambas.go.id

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 124 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: