www.sambas.go.id

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Kampanye Nasional Netralitas ASN Jelang Pilkada Serentak 2020

E-mail Cetak PDF
virtual kampanye nasional netralitasLangkah-langkah menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020, terus dimasifkan. Komisi ASN Republik Indonesia menggelar Kampanye Nasional Netralitas ASN. Kampanye tersebut dalam rangka penegasan netralitas ASN di pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020. Penjabat Sementara Bupati Sambas, DR Kamaruzaman MSi, didampingi Sekda Kab Sambas, Asisten III Setda Kab Sambas, Staf Ahli Bupati Sambas dan Kepala BKPSDMAD, turut menghadiri kampanye nasional netralitas melalui virtual meeting, di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Rabu (7/20).

270 instansi pemerintah penyelenggara pemilukada serentak 2020 mendeklarasikan kampanye nasional itu. Wakil Presiden KH Maruf Amin menekankan beberapa point penting pada kampanye nasional itu. Kampanye kata Wapres harus dimasifkan dan menjadi agenda rutin, dikarenakan sakralitas penyelenggaraan pemilukada serentak 2020, tetap harus dijaga agar tidak dikotori oleh hal-hal yang tidak mendasar dari pelaksanaan.

Dijelaskan Wapres, Netralitas sebagai faktor penentu kualitas penyelenggaraan pemilukada serentak. Sebut Wapres, Netralitas harus mendapat prioritas bersama demi kedaulatan NKRI. Pemerintah katanya, sedang memperkuat dasar hukum netralitas. Dalam waktu dekat lanjut Wapres, pemerintah akan mengeluarkan pedoman berkaitan untuk pemilukada serentak. Yakni dalam bentuk surat keputusan bersama atau SKB 5 instansi, diantaranya, Menpan RB, Mendagri, Ka ASN, Ka BKN dan Ketua Bawaslu.

Wapres mengakui kondisi nyata dilapangan belum sesuai dengan harapan dan amanat undang-undang. Netralitas dikatakan Wapres, masuk sub kerawanan pemilukada sesuai hasil monitoring bawaslu. Yang perlu mendapat perhatian bersama sebut Wapres, sesuai kondisi yang dihimpun bawaslu, yakni adanya ASN yang memberikan dukungan di medsos, melakukan pendaftaran dan pendekatan pada parpol, menghadiri kegiatan yang menguntungkan bakal calon, mengajak atau mengitimidasi untuk mengunggulkan bakal calon hingga pergantian pejabat 6 bulan sebelum penetapan calon.

Netralitas kata Wapres adalah prinsip utama ASN dalam berprilaku. ASN juga lanjut Wapres diminta adil tidak berpihak dan tidak memiliki kepentingan kepada siapapun. Netralitas ASN sebutnya, menjadi landasan utama untuk mewujudkan reformasi birokrasi. Netralitas ASN terang Wapres memberikan manfaat besar pada target kinerja pemerintah, karena memberikan ruang ASN untuk fokus dalam kinerja.

Selain itu, tegas Wapres, manfaat adanya netralitas ASN, guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, kemudahan penerapan sistem merit dan menjadikan ASN independen, transparan dan akuntabel. Bahkan kata Wapres, Pengembangan karir akan lebih terbuka. Diingatkan Wapres, semua komponen harus ikut mengawasi netralitasi ASN pada penyelenggaraan pemilukada serentak tahun 2020 ini. Dengan netralitas, menurut Wapres, kepercayaan masyarakat akan meningkat, karena dilayani dengan adil.

Lagu sambas

Pooling

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini?




Hasil

Sedang Online

Kami memiliki 23 Tamu online

Kunjungan

free counters

You are here: